HUBUNGAN EMPATI SISWA REGULER DAN IKLIM SEKOLAH PADA PERILAKU PERUNDUNGAN TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF (SMP X SANGATTA)
Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Terdapat hubungan negatif antara empati siswa reguler dan iklim sekolah dengan perilaku perundungan terhadap siswa berkebutuhan khusus dengan nilai F Hitung sebesar 13.075 > F Tabel sebesar 3.09 dan nilai p sebesar 0.000 (p < 0.05); (2) Terdapat hubungan negative antar empati siswa dengan perilaku perundungan terhadap siswa berkebutuhan khusus dengan nilai koefisien beta (β) sebesar -0.326, serta nilai t hitung sebesar
-3.006 < t tabel sebesar 1.986 dan nilai p sebesar 0.003 (p< 0.05); (3) Tidak terdapatnyan hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan perilaku perundundungan, dibuktikan dengan koefisien beta (β) sebesar -0.204, serta nilai t hitung sebesar -1.884 < t tabel sebesar 1.986 dan nilai p sebesar 0.063 (p > 0.05). Adapun kontribusi pengaruh (R2) empati siswa dan iklim sekolah pada perilaku perundundungan adalah sebesar 0.219, hal ini menunjukkan bahwa 21.9% dari variasi perilaku perundungan dapat dijelaskan oleh empati siswa dan iklim sekolah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN EMPATI SISWA REGULER DAN IKLIM SEKOLAH PADA PERILAKU PERUNDUNGAN TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF (SMP X SANGATTA) |
---|---|
Pengarang | Delita Mandasari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DEL h 2020 |
Subyek | Perundungan di Sekolah Inklusif |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Psikologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY