Strategi Bersaing Personal Loan ( Studi Kasus Pada PT Bank Pembangunan Daerah Kaltim Kaltara Kantor Cabang Utama Samarinda)
Kredit Konsumtif adalah salah satu jasa yang diberikan bank dalam bentuk kredit yang ditujukan untuk membiayai kebutuhan nasabah terutama yang berhubungan dengan kegiatan konsumsi, misalnya: pembelian motor, mobil dan barang elektronik yang bertujuan untuk pemakaian pribadi. Salah satu yang menjadi pertimbangan bank khususnya Bank Pembangunan Daerah untuk terus menaikkan penyaluran kredit konsumtif adalah keyakinan masih amannya pertumbuhan kredit konsumtif berdasarkan rasio Non Performing Loan (NPL) untuk kredit konsumtif, Salah satu produk kredit konsumtif yang menjadi unggulan PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara atau dikenal Bankaltimtara adalah Personal Loan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah, PNS dan Pensiunan PNS . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal, sehingga dapat diketahui strategi bersaing yang paling sesuai bagi PT BPD Kalimantan Timur Kalimantan Utara Kantor Cabang Utama Samarinda dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Untuk teknik menganalisis data penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan matriks analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi PT BPD Kalimantan Timur Kalimantan Utara Kantor Cabang Utama Samarinda untuk produk Personal Loan berada pada kuadran I. Pada kuadran ini bank pada posisi dimana kekuatan internalnya relatif lebih dominan dibandingkan dengan kelemahannya. Dalam menghadapi lingkungan eksternal, peluang lebih besar dibandingkan dengan ancamannya. Hasil penelitian merekomendasikan PT BPD Kalimantan Timur Kalimantan Utara Kantor Cabang Utama Samarinda untuk menerapkan strategi pertumbuhan yang agresif, tidak hanya melayani Aparatur Sipil Negara Daerah namun juga Aparatur Sipil Negara Vertikal, karyawan swasta yang memiliki penghasilan tetap, membuat aplikasi online untuk pengajuan kredit, memberikan penawaran khusus kepada nasabah bank lain yang bersedia take over, serta bekerjasama dengan mitra dalam memasarkan produk personal loan.
Kata Kunci : Strategi Bersaing, Analisa SWOT
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Strategi Bersaing Personal Loan ( Studi Kasus Pada PT Bank Pembangunan Daerah Kaltim Kaltara Kantor Cabang Utama Samarinda) |
---|---|
Pengarang | Diniarty Hadi - Personal Name |
No. Panggil | TESIS DIN s 2020 |
Subyek | Strategi Bersaing, Analisa SWOT |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Magister Manajemen |
Jurusan | Manajemen Pemasaran |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY