Detail Cantuman Kembali
Islami Indra Nurani - Personal Name

Uji Antibakteria (Aeromonas hydrophila) Patogen pada Ikan dengan Nanopartikel Perak yang Disintesis dari Ekstrak Daun Ketapang (Terminalia catappa L.)

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mensintesis dan mengkarakterisasi nanopartikel perak disintesis dengan ekstrak daun ketapang (Terminalia catappa. L) dan efektivitasnya sebagai antibakteria dalam menghambat pertumbuhan bakteri Aeromonas hydrophila yang merupakan patogen pada ikan. Tahapan penelitian ini yaitu pembuatan ekstrak daun ketapang, sintesis nanopartikel perak, stabilitas (pengukuran pH selama 7 hari), karakterisasi nanopartikel perak dengan Fourier Transform Infra-Red (FTIR), uji aktivitas antibakteri, dan analisis data. Hasil menunjukkan nanopartikel perak terbentuk pada kondisi asam yaitu nilai pH 2-4, karakterisasi nanopartikel perak menggunakan FTIR yang disintesis dari ekstrak akuades daun ketapang berwarna cokelat mengalami pergeseran gelombang 3446 cm-1 – 3394 cm-1 dan nanopartikel perak yang disintesis dari ekstrak etanol daun ketapang berwarna cokelat mengalami pergeseran gelombang 3448 cm-1 – 3394 cm-1 , sedangkan nanopartikel perak yang disintesis dari ekstrak akuades daun ketapang berwarna hijau mengalami pergeseran gelombang 3446 cm-1 – 3410 cm-1 dan nanopartikel perak yang disintesis dari ekstrak etanol daun ketapang berwarna hijau mengalami pergeseran gelombang 3448 cm-1 – 3410 cm-1 . Nanopartikel perak dari ekstrak akuades maupun etanol daun ketapang berwarna hijau dan cokelat memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan bakteri Aeromonas hydrophila. Hal yang ditunjukkan dengan terbentuknya zona bening di sekitar kertas cakram yang berisi ekstrak.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Uji Antibakteria (Aeromonas hydrophila) Patogen pada Ikan dengan Nanopartikel Perak yang Disintesis dari Ekstrak Daun Ketapang (Terminalia catappa L.)
Pengarang Islami Indra Nurani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ISL a 2021
Subyek Nanopartikel Perak, Sintesis, Karakterisasi, Antib
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua