Detail Cantuman Kembali
INDAH LARASATI - Personal Name

STRUKTUR KOMUNITAS GASTROPODA DI KAWASAN KONSERVASI MANGROVE MARGOMULYO BALIKPAPAN

ABSTRAK
INDAH LARASATI, 2020. Struktur komunitas gastropoda di kawasan konservasi mangrove Margomulyo Balikpapan (Dibimbing oleh Iwan Suyatna dan Muhammad Syahrir).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur komunitas gastropoda di kawasan konservasi mangrove Margomulyo Kota Balikpapan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey pada beberapa stasiun dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode kuadran untuk mendapatkan sampel. Di lokasi, parameter fisika-kimia air diukur. Sampel dari lokasi penelitian diawetkan dengan larutan pengawet dan dibawa ke laboratorium. Di laboratorium, sampel diukur panjang dan beratnya, setelah diidentifikasi, sampel dipisahkan dan dihitung menurut spesies. Berdasarkan hasil identifikasi, hanya tiga (3) spesies dari dua famili yang teridentifikasi: Telescopium telescopium dan Terebralia palustris (Potamididae) dan Cerithidea cingulata (Cerithiodae). Gastropoda terpadat ditemukan pada stasiun I yaitu 92 ind/m2.
Hasil analisis data dengan Indeks Keanekaragaman berkisar antara 0.29-0.77 untuk indeks Shannon menunjukkan Rendah, indeks keseragaman berkisar antara 0.28-0.70 menunjukkan Rendah ke Tinggi, dan berkisar antara 0.56-0.84 menunjukkan dominasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keanekaragaman jenis gastropoda di kawasan konservasi Margomulyo termasuk rendah dan populasinya rendah.

Keywords ; Gastropods, Kawasan Konservasi Mangrove, Telescopium telescopium, Terebralia palustris, Cerithidea cingulata

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRUKTUR KOMUNITAS GASTROPODA DI KAWASAN KONSERVASI MANGROVE MARGOMULYO BALIKPAPAN
Pengarang INDAH LARASATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IND s 2020
Subyek Gastropods, Kawasan Konservasi Mangrove, Telescopi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan manajemen sumberdaya perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua