Detail Cantuman Kembali
RISMAYANTI - Personal Name

Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Operasi Hitung Aljabar Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Samarinda

Rismayanti, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Operasi Hitung Aljabar Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Drs. Asyril, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Andi Rustandi, S.Kom, M.TI., M.H selaku pembimbing II.
Penelitian ini mengkaji tentang kurangnya pemanfaatan penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan yang mengakibatkan kurangnya sumber belajar yang digunakan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Matematika pada materi operasi hitung aljabar di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Samarinda yang dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam kegiatan belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pada tahap analisis dilakukan studi literatur dan studi lapangan, kemudian tahap desain yaitu membuat flowchart dan storyboard. Selanjutnya membuat media tersebut sesuai dengan desain yang telah dibuat lalu divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Selanjutnya implementasi yaitu kegiatan menggunakan media pembelajaran. Tahap akhir ialah evaluasi dengan melihat kelayakan media serta membuat laporan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga November 2020. Subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas VII SMPN 22 kota Samarinda yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi operasi hitung Aljabar mata pelajaran matematika, dibuktikan dengan data presentase validasi ahli materi sebesar 91% , validasi ahli media sebesar 90% dan validasi siswa 82,06%.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan teknik pengumpulan data studi lapangan, studi literatur dan angket serta media pembelajaran ini layak untuk digunakan.
Kata kunci: Research and Development, ADDIE, Matematika, Media Pembelajaran, Operasi Hitung Aljabar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Operasi Hitung Aljabar Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Samarinda
Pengarang RISMAYANTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIS p 2021
Subyek Research and Development, ADDIE, Matematika
Media Pembelajaran, Operasi Hitung Aljabar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika Konsentrasi Pendidikan Komputer
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua