Detail Cantuman Kembali
Rina Andriana - Personal Name

Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Wanita Tani Di Lingkungan Sukorejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara (Studi Kasus Pada KWT Lestari).

Program pertanian yang diberikan kepada kelompok wanita tani lestari merupakan suatu bentuk pemberdayaan perempuan di Lingkungan Sukorejo Lempake, pemberdayaan ini mengharuskan adanya partisipasi, kreatifitas dan inisiatif pada kegiatan yang dilakukan kelompok wanita tani Lestari serta diharapkan memperoleh pengaruh kearah yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk pemberdayaan, tingkat partisipasi dan pengaruh yang diperoleh kelompok wanita tani lestari.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan September 2020. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu di Lingkungan Sukorejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan dilakukan secara Sensus. Responden pada penelitian ini sebanyak 20 orang, metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan metode deskriptis dengan menggunakan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pemberdayaan yang diberikan kepada kelompok wanita tani Lestari yaitu program pelatihan dan praktek pengolahan hasil pertanian holtikultura, program penyuluhan usahatani, pelatihan kewirausahaan dan mengikuti pameran produk olahan. Tingkat partisipasi anggota kelompok wanita tani Lestari indikator rapat rutin buanan termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 10,78, indikator pertemuan/penyuluhan pertaian termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 13,10, dan indikator program pelatihan termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 15,73. Secara keseluruhan dengan jumlah skor rata-rata 39,61 termasuk kategori tinggi. Pengaruh bagi kelompok wanita tani Lestari dalam pelaksaaan program penyuluhan pertanian yang diberikan antara lain pendapatan kelompok wanita tani, peran dalam kelompok wanita tani, partisipasi dalam kelompok wanita tani, pengetahuan dan wawasan sebelum dan sesudah bergabung dengan kelompok wanita tani Lestari mampu memberikan pengaruh kearah yang lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi kelompok wanita tani Lestari dengan jumlah skor rata-rata 39,61 termasuk dalam kategori tinggi dan pengaruh yang diperoleh kelompok wanita tani dalam pelaksanaan program penyuluhan pertanian, yaitu mampu meningkatkan pendapatan anggota, adanya kegiatan kelompok wanita tani mampu memotivasi wanita untuk lebih aktif, kreatif dan inovatif serta bertambahnya wawasan dari sebelum dan sesudah bergabung dengan kelompok wanita tani Lestari.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Wanita Tani Di Lingkungan Sukorejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara (Studi Kasus Pada KWT Lestari).
Pengarang Rina Andriana - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RA p 2021
Subyek pemberdayaan, partisipasi, perempuan, kelompok wan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua