Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Pembelajaran Geografi Pada Materi Atmosfer Di SMA Negeri 8 Samarinda
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penunjang pembelajaran. Media pembelajaran mempunyai manfaat untuk meningkatkan keterkaitan dan interaktif siswa, media pembelajaran juga bermanfaat terhadap minat belajar siswa. Media yang digunakan seharusnya mengikuti perkembangan IPTEK saat ini. Pengembangan media berbasis Augmented Reality (3D) dimana media ini mampu memproyeksikan benda maya menjadi nyata. Penelitian ini bertujuan 1) Menghasilkan desain media AR untuk pembelajaran geografi SMA materi atmosfer, 2) Mengetahui kelayakan berbasis media AR untuk pembelajaran geografi SMA tersebut. Pembuatan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (3D) ini menggunakan model Borg and Gall (1989) yang terdiri dari sepuluh langkah pengembangan. Pembuatan media ini menggunakan software Unity 3D serta aplikasi pendukung seperti vuforia, cinema 4D, dan corel draw. Pengembangan media pembelajaran ini menghasilkan dua produk yaitu aplikasi smartphone (android dan iOS) yang bernama Cloud AR dan buku penunjangnya yang sudah sesuai dengan standar UNESCO. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dengan skor 85,16% dan diklasifikasikan dalam kategori layak.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Pembelajaran Geografi Pada Materi Atmosfer Di SMA Negeri 8 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Riska Susmei Rindantiya - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIS p 2021 |
Subyek | Media, Augmented Reality, Atmosfer |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Geografi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY