Detail Cantuman Kembali
MYRA PUSPHA HARDINA - Personal Name

ISOLASI DAN ANALISIS GC-MS KOMPONEN SENYAWA AKTIF ANTIOKSIDAN DAN ANTIBAKTERI FRAKSI N-HEKSANA DAUN LIBO (Ficus variegata Blume.)

ABSTRAK
Penelitian mengenai Isolasi dan Analisis GC-MS Komponen Senyawa Aktif Antioksidan dan Antibakteri fraksi n-Heksana Daun Libo (Ficus variegata Blume.) telah dilakukan dengan tujuan untuk mengisolasi dan mengetahui komponen senyawa aktif antioksidan dan antibakteri dalam fraksi n-heksana dari daun Libo. Ekstraksi dilakukan secara maserasi dengan menggunakan pelarut metanol. Isolasi dilakukan dengan 2 metode, kromatografi cair vakum (KCV) kemudian dilanjutkan dengan kromatografi kolom (KK). Eluen yang digunakan yaitu n-heksana-etil asetat dan kloroform-metanol. Eluen yang menghasilkan pemisahan noda terbaik adalah n-heksana-etil asetat perbandingan 8:2. Hasil pemisahan yang diperoleh berdasarkan kromatografi kolom yaitu sebanyak 10 fraksi isolat. Fraksi isolat tersebut kemudian dilakukan pengujian aktivitas antioksidan secara kualitatif menggunakan pereaksi DPPH serta pengujian aktivitas antibakteri menggunakan metode KLT bioautografi. Hasil penelitian yang diperoleh berupa fraksi isolat yang diduga memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri, yaitu sebanyak 5 fraksi isolat (NHB1, NHB3, NHB4, NHC1, NHC3) diduga aktif sebagai antioksidan dan 4 fraksi isolat (NHB1, NHC1, NHC2, NHC3) aktif sebagai antibakteri. Kandungan metabolit sekunder dari fraksi isolat aktif tersebut antara lain alkaloid, flavonoid dan steroid/terpenoid. Hasil GC-MS fraksi isolat tersebut menunjukkan adanya kandungan 1-heptacosanol dan hexanedioic acid, dioctyl ester yang diduga sebagai senyawa aktif antioksidan serta kandungan senyawa yang diduga aktif sebagai antibakteri yaitu cyclotetracosane, 1-docosene, 1,2-benzenedicarboxylic acid, 1-heptacosanol, 1-octadecene, dan 1-tetracosanol.
Kata Kunci: antibakteri, antioksidan, kromatografi, GC-MS, fraksi n-heksana daun Libo (Ficus variegata Blume.), metabolit sekunder

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ISOLASI DAN ANALISIS GC-MS KOMPONEN SENYAWA AKTIF ANTIOKSIDAN DAN ANTIBAKTERI FRAKSI N-HEKSANA DAUN LIBO (Ficus variegata Blume.)
Pengarang MYRA PUSPHA HARDINA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua