Detail Cantuman Kembali
ANDRI HARYU GUNADI - Personal Name

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI POKOK POLA BILANGAN DI KELAS VIII MTs DARUSSALAM SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020

Andri Haryu Gunadi. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Pokok Pola Bilangan Di Kelas VIII MTs Darussalam Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mulawarman.
Pembimbing: (I) Dra. Suriaty, M.Pd, (II) Dra. Ariantje Dimpudus, M. Pd.

Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan tujuan untuk mengetahui apa saja jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pokok pola bilangan di kelas VIII MTs Darussalam Samarinda tahun ajaran 2019/2020.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari dokumentasi, hasil tes, dan wawancara. (1) dokumentasi pada penelitian ini adalah catatan siswa berupa latihan soal (2) tes berupa soal uraian sebanyak 5 butir soal yang diberikan kepada siswa dengan materi pokok pola bilangan, dan (3) wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah itu dilakukan pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi
Subjek penelitian sebanyak 30 siswa dengan objek penelitian yaitu kesalahan-kesalahan siswa kelas VIII MTs Darussalem berdasarkan teori Learner dalam menyelesaikan soal matematika bentuk uraian materi Pola Bilangan.
Berdasarkan jenis-Jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pokok pola bilangan yaitu 1) Kekurangan pemahaman tentang simbol seperti kesalahan yang disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa tantang simbol dalam mengerjakan soal sehingga menyebabkan perbedaan makna dari yang seharusnya dimaksud, tidak bisa membaca atau memaknai simbol yang ada pada soal, dan tidak mengetahui atau menemukan kata kunci yang terdapat pada soal. 2) Nilai tempat seperti suatu kesalahan dimana siswa mampu membaca pertanyaan dengan lancar tetapi siswa tidak memahami arti soal tersebut sehingga tidak dapat menuliskan juga menjelaskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal tersebut. 3) Penggunaan proses yang keliru seperti kesalahan yang dimana siswa memahami soal tetapi siswa tidak bisa dengan benar menentukan rumus yang digunakan, tidak dapat mengidentifikasi operasi atau serangkaian operasi yang digunakan untuk menyelesaikan soal, tidak dapat menentukan operasi matematika yang tepat digunakan untuk soal. 4) Perhitungan seperti kesalahan dimana siswa mampu mengidentifikasi operasi atau serangkaian operasi yang sesuai untuk digunakan dalam menyelesaikan soal tetapi siswa tidak dapat menjalankan prosedur dengan benar atau siswa tidak mengetahui proses yang digunakan dalam menyelesaikan soal tersebut. 5) Tulisan yang tidak dapat dibaca seperti suatu kesalahan dimana siswa mampu menyelesaikan soal tersebut tetapi siswa tidak menuliskan jawaban dengan jelas dan jawaban tidak sesuai dengan yang dimaksudkan oleh soal, siswa menganggap sudah mengerjakan dengan tepat namun tulisan yangkurang jelas bahkan tak dapat dibaca menyebabkan jawabannya menjadi salah. 6) Temuan lainnya adalah siswa tidak memahami soal dan siswa tidak mengerjakan soal yang telah diberikan.

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Menyelesaikan Soal Matematika, Pola Bilangan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI POKOK POLA BILANGAN DI KELAS VIII MTs DARUSSALAM SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Pengarang ANDRI HARYU GUNADI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AND a 2021
Subyek Analisis Kesalahan, Menyelesaikan Soal Matematika
Pola Bilangan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua