Detail Cantuman Kembali
Reni Oktaviani - Personal Name

Deskripsi Model Pembelajaran Example Non Example Dalam Pembelajaran 1 Materi Gaya pada Siswa Kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Ajaran 2020/2021

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas dan inovasi guru dalam menggunakan model pembelajaran dan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran di kelas khususnya pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana deskripsi model pembelajaran Example Non Example dalam pembelajaran 1 materi gaya pada siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang tahun ajaran 2020/2021?. Maka tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran Example Non Example dalam pembelajaran 1 materi gaya pada siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang tahun ajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian ini dilaksanakan di SDN 007 Sungai Kunjang pada semester genap tahun pembelajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru kelas IV C, dan tiga orang siswa kelas IV C. Data yang diperoleh berasal dari sumber data primer berupa hasil observasi maupun wawancara, dan sumber sekunder dari RPP, dokumentasi, dan buku tentang model pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi berupa checklist dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran example non example dalam proses pembelajaran 1 materi gaya yang diterapkan menggunakan media gambar, tampilan power point dan juga video berjalan secara maksimal. model pembelajaran example non example dilaksanakan melalui, (1) Guru melakukan persiapan, dengan menyiapkan RPP, media tempat pelaksanaan, menyusun langkah-langkah model pembelajaran example non example, menyiapkan media pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan ajar, dan membuat soal evaluasi, (2) Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah model example non example, (3) Guru melakukan evaluasi berupa evaluasi proses maupun evaluasi hasil. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran tersebut membuat peserta didik antusias, lebih kreatif, aktif dan termotivasi serta membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Selain itu terdapat kendala dalam proses pelaksanaan pembelajaran, yaitu beberapa siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran karena orang tuanya bekerja, keterbatasan waktu pada media pelaksanaan pembelajaran, dan gangguan jaringan pada saat pembelajaran via zoom meeting.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Deskripsi Model Pembelajaran Example Non Example Dalam Pembelajaran 1 Materi Gaya pada Siswa Kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Ajaran 2020/2021
Pengarang Reni Oktaviani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI REN d 2021
Subyek Deskripsi, Materi Gaya, Model Example Non Example
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua