Detail Cantuman Kembali
Wahyudin Rasid - Personal Name

Analisis Sistem Antrean Dengan Model Single Channel Multi Phase (Studi Kasus : Data Antrean Loket Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kecamatan Samarinda Utara Tahun 2020)

Antrean merupakan suatu fenomena yang dihadapi penduduk pada pelayanan publik. Salah satunya terjadi pada pelayanan pembuatan e-KTP di kantor Kecamatan Samarinda Utara, di mana penumpukan penduduk sering terjadi setiap pagi sampai siang hari. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kedatangan pengunjung pemohon e-KTP, waktu tunggu, dan waktu pelayanan di loket pembuatan e-KTP. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh laju kedatangan dan laju pelayanan di loket e-KTP, memperoleh model sistem antrean menggunakan notasi Kendal Lee, memperoleh ukuran kinerja sistem pembuatan e-KTP, dan mengusulkan rancangan sistem antrean pembuatan e-KTP. Pengumpulan data dilakukan selama sepuluh hari pada jam kerja yaitu jam 08.00-12.00 WITA. Hasil analisis menunjukkan bahwa laju kedatangan pembuatan e-KTP yaitu sebanyak 2 orang per jam, laju pelayanan yaitu sebanyak 15 orang per jam. Struktur model sistem antrean pada pelayanan pembuatan e-KTP membentuk struktur model antrean single channel multi phase dengan notasi model (M /G /1) : (FCFS /∞/∞), diperoleh penghitungan kinerja sistem antrean menggunakan model Pollazck Khintchine (P-K) di loket pembuatan e-KTP bahwa jumlah rata-rata orang dalam sistem (Ls) dan jumlah rata-rata orang dalam antrean (Ls) yaitu sebanyak 0 orang, waktu tunggu rata-rata dalam sistem (Ws) yaitu selama 0,07138 jam per orang, dan waktu tunggu rata-rata dalam antrean (Wq) yaitu selama 0,00249 jam per orang. Ukuran kinerja efisien untuk kualitas pelayanan di loket pembuatan e-KTP dengan satu jalur antrean yang diterapkan sudah efisien dan dapat dipertahankan karena diperoleh nilai rata-rata jumlah orang dalam sistem (Ls) sebesar 0,11420 orang atau hampir tidak ada kepadatan jumlah orang yang menunggu untuk dilayani dalam sistem dan nilai rata-rata jumlah orang dalam antrean (Lq) sebesar 0,00399 orang atau hampir tidak terjadi penumpukan jumlah orang dalam antrean selama kondisi pandemi Covid-19.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Sistem Antrean Dengan Model Single Channel Multi Phase (Studi Kasus : Data Antrean Loket Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kecamatan Samarinda Utara Tahun 2020)
Pengarang Wahyudin Rasid - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WAH a 2021
Subyek Single channel multi phase model Pollazck Khintchi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Statistika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua