Detail Cantuman Kembali
Murang Herkanus - Personal Name

JENIS KEHADIRAN MAMALIA BESAR DI AREAL REKLAMASI-REHABILITASI PASCA TAMBANG BATUBARA PT KITADIN SITE TANDUNG MAYANG

MURANG HERKANUS. Kehadiran Jenis Mamalia Besar di Areal Reklamasi- Rehabilitasi Pasca Tambang Batubara PT Kitadin Site Tandung Mayang (Dibimbing oleh Rachmat Budiwijaya Suba dan Chandradewana Boer).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehadiran dan frekuensi jenis- jenis mamalia besar pada areal reklamasi-rehabilitasi pasca tambang batubara PT Kitadin Site Tandung Mayang, Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan kamera otomatis yang dipasang pada areal-areal reklamasi-rehabilitasi pasca tambang berdasarkan umur revegetasi dan hutan sekunder tua yang berbatasan dengan areal reklamasi-rehabilitasi.
Dengan mengunakan kamera otomatis penelitian ini telah berhasil mengidentifikasi 14 jenis mamalia besar selama periode 2018-2019. Jenis mamalia besar tersebut pada umumnya merupakan jenis omnivor dan generalis dengan rentang respon ekologi yang lebar terhadap faktor-faktor lingkungannya. Karakter ini nampaknya merupakan faktor yang membuat mereka dapat mengokupasi areal rehabilitasi. Dari 14 jenis mamalia besar yang terdeteksi, 9 jenis hadir baik pada areal rehabilitasi maupun hutan alam yaitu: Hystrix brachyura (Landak butun), Tragulus napu (Pelanduk napu), Muntiacus atherodes (Kijang kuning), Sus barbatus (Babi berjenggot), Macaca nemestrina (Monyet beruk), Macaca fascicularis (Kera ekor-panjang), Viverra tangalunga (Tenggalung Malaya), dan Paguma larvata (Musang galing). Prionailurus bengalensis (Kucing kuwuk) hanya terdeteksi di areal rehabilitasi. Sedangkan 5 jenis hadir pada areal hutan alam sekitar areal rehabilitasi antara lain: Tragulus kanchil (Pelanduk kancil), Rusa unicolor (Rusa sambar), Prionodon linsang (Linsang linsang), Paradoxurus hermaproditus (musang luwak), dan Pongo pygmaeus (Orang utan).
Kehadiran jenis-jenis mamalia di site reklamasi-rehabilitasi sangat erat kaitannya dengan keberadaan hutan alam yang disisakan pada saat pembukaan areal untuk kepentingan operasional tambang. Hutan yang masih alami di sekitar areal reklamasi-rehabilitasi pasca tambang sangat penting sebagai sumber kolonisasi jenis pada areal-areal reklamasi-rehabilitasi seiring dengan berjalannya waktu.
Kata kunci: areal reklamasi-rehabilitasi, mamalia besar, jenis generalis, respon ekologi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul JENIS KEHADIRAN MAMALIA BESAR DI AREAL REKLAMASI-REHABILITASI PASCA TAMBANG BATUBARA PT KITADIN SITE TANDUNG MAYANG
Pengarang Murang Herkanus - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUR j 2021
Subyek areal reklamasi-rehabilitasi, mamalia besar, jenis
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan Ilmu Kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua