Analisis Motivasi Siswa Berdasarkan Model Arcs (Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction) Dalam Pembelajaran Fisika Berbasis E-Learning Di SMA Negeri Se-Balikpapan
Penelitian ini bertujuan, 1) untuk mengetahui tingkat motivasi siswa secara umum dan berdasarkan gender berdasar teori ARCS di SMA Se-Balikpapan setelah mengikuti pembelajaran Fisika secara E-Learning. 2) Untuk mengetahui nilai persentase sumbangan dari setiap aspek ARCS secara umum dan berdasarkan gender terhadap tingkat motivasi belajar siswa di SMA Se-Balikpapan setelah mengikuti pembelajaran Fisika secara E-Learning. Sampel penelitian sebanyak 275 siswa kelas X MIPA. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik angket dan wawancara. Teknik analisis angket adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan pada lembar wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahawa 1) Tingkat motivasi siswa secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 49% dengan nilai motivasi siswa perempuan lebih tinggi dari laki-laki 2) Nilai persentase setiap aspek ARCS secara umum sebesar 68% untuk Attention, 64% untuk Relevance, 68% untuk Confidence, dan 72% untuk Satisfaction, sedangkan nilai persentase berdasarkan menunjukan motivasi siswa perempuan lebih tinggi dari siswa laki-laki.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Motivasi Siswa Berdasarkan Model Arcs (Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction) Dalam Pembelajaran Fisika Berbasis E-Learning Di SMA Negeri Se-Balikpapan |
---|---|
Pengarang | SUKMAWATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SUK a 2021 |
Subyek | ARCS, Motivasi Belajar, E-learning |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY