Detail Cantuman Kembali
Muhammad Faizal Hafizh - Personal Name

Peran Kelompok Sadar Wisata Dalam Mengembangkan Pariwisata Desa Pela Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara

Muhammad Faizal Hafizh, 1502095035, Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, “Peran Kelompok Sadar Wisata Dalam Mengembangkan Pariwisata Desa Pela Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai“. Dibawah bimbingan Bapak Fareis Althalets, S.Par.,MM.Par dan Ibu Tuti Wediawati, S.Sos.,M.Si. Desa Pela adalah salah satu desa di kecamatan Kota Bangun yang memiliki keindahan alam yang menjadi salah satu wisata yang mulai berkembang. Kelompok Sadar Wisata merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat Desa Pela sebagai organisasi penggerak di bidang kepariwisataan Desa Pela. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kelompok sadar wisata, Masyarakat sadar wisata, Implementasi Sapta pesona, Faktor Pendukung, dan Faktor Penghambat dalam pengembangan pariwisata Desa Pela. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data penelitian yaitu informan kunci dan informan. Teknik pengempulan data dalam penelitian berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan Studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Kelompok Sadar Wisata 3B dalam mengembangkan pariwisata Desa Pela melalui program yang di susun dari jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Pada hal ini Kelompok Sadar Wisata 3B juga mendorong untuk masyarakat Desa Pela untuk melakukan penerapan pada Sapta Pesona yang ada di pariwisata Desa Pela. Hal ini pun menjadi dukungan terhadap masyarakat Desa Pela dengan pengembangan pariwisata Desa Pela. Faktor pendukung adalah keterlibatan masyarakat dalam kegiatan kepariwisataan serta bekerja samanya Pokdarwis Desa Pela dengan BUMDES dalam pengelolaan cinderamata, oleh-oleh dan produk dari nelayan Pela. Dan Faktor Penghambat adalah perlunya peningkatan Sumberdaya Manusia di keanggotaan Pokdarwis Desa Pela untuk menunjang peningkatan kualitas kerja Pokdarwis Desa Pela.
Kata Kunci : Kelompok Sadar Wisata, Pengembangan, Pariwisata.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peran Kelompok Sadar Wisata Dalam Mengembangkan Pariwisata Desa Pela Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara
Pengarang Muhammad Faizal Hafizh - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAI P 2021
Subyek Kelompok Sadar Wisata, Pengembangan, Pariwisata.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Administrasi Bisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua