Detail Cantuman Kembali
SARAH SEPTIYANA - Personal Name

PENGARUH INVESTASI SWASTA DAN BELANJA INFRASTRUKTUR SERTA KESEMPATAN KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

Sarah Septiyana,”Pengaruh Investasi Swasta Dan Belanja Infrastruktur Serta Kesempatan Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Penajam Paser Utara” dibawah bimbingan Dr. Aji Sofyan Effendi, S.E., M.Si.

Pertumbuhan ekonomi merupakan masalah perekonomian suatu negara dalam jangka Panjang. Pertumbuhan ekonomi mengukur prestasi dari perkembangan suatu perekonomian dari suatu periode ke periode berikutnya. Pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakat meningkat. Kemampuan yang meningkat ini disebabkan oleh pertambahan faktor-faktor produksi baik dalam jumlah dan kualitasnya. Di samping itu, tenaga kerja bertambah sebagai akibat perkembangan penduduk seiring dengan meningkatnya pendidikan dan keterampilan mereka. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuan ekonomi dan tingkat kemiskinan di Kabupaten Penajam Paser Utara dengan keterkaitannya dalam investasi, belanja infrastruktur, dan kesempatan kerja dalam 10 tahun terakhir, guna memberikan sumbangan pemikiran dalam peningkatan sektor pertumbuhan ekonomi. Maka dilakukanlah penelitian dengan judul Pengaruh Investasi Swasta dan Belanja infrastruktur serta Kesempatan Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Penajam Paser Utara.
Waktu pelaksanaan penelitian mengambil lokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara pada Pemerintahan Kabupaten PPU. Waktu penelitian diperkirakan selama 5 bulan mulai dari penyusunan Proposal, Pengumpulan Data hingga Analisis Data dengan meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruh pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2011 – 2018. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian asosiatif kausal yaitu penelitian yang bermaksud menggambarkan dan menguji hipotesis hubungan dua variable atau lebih. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis data kuantitatif dan metode analisis data menggunakan diagram jalur dengan 4 dimensi pengukuran yaitu, Investasi, Belanja Infrastruktur, Kesempatan Kerja, dan Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2011-2018.
Dari deskripsi pengumpulan data, pengujian asumsi klasik, hipotesis data, analisis data yang berupa hasil analisis regresi yang memberikan gambaran mengenai hubungan antara variabel dependen dan variabel independen yaitu Investasi (X1), Belanja Infrastruktur (X2), Kesempatan Kerja (X3), dan Pertumbuhan Ekonomi (Y), dapat disimpulkan bahwa setiap variabel secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Penajam Paser Utara.


Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Kabupaten Penajam Paser Utara

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH INVESTASI SWASTA DAN BELANJA INFRASTRUKTUR SERTA KESEMPATAN KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
Pengarang SARAH SEPTIYANA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SAR p 2021
Subyek Pertumbuhan Ekonomi, Kabupaten Penajam Paser Utara
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan ilmu ekonomi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua