PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN PLATFORM WHATSAPP GROUP DAN GOOGLE MEET DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMP (Materi Energi dalam Sistem Kehidupan)
Pandemi COVID-19 yang melanda dunia khususnya Indonesia mendorong pembelajaran fisika dilakukan secara jarak jauh dengan berbagai platform. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan penggunaan platform Whatsapp Group dan Google Meet dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 dengan Materi Energi dalam Sistem Kehidupan pada Siswa SMP. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bontang berjumlah 8 kelas dengan jumlah sampel sebanyak 34 siswa di kelas VII A dan sebanyak 33 siswa di kelas VII B. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa 20 butir soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa (posttest), dokumentasi serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa dengan penggunaan platform Whatsapp Group dan Google Meet dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Diperlukan penelitian lanjutan mengenai bagaimana efektifitas kedua platform Whatsapp Group dan Google Meet.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN PLATFORM WHATSAPP GROUP DAN GOOGLE MEET DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMP (Materi Energi dalam Sistem Kehidupan) |
---|---|
Pengarang | MELIANA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MEL p 2021 |
Subyek | Google Meet Pembelajaran IPA Perbedaan hasil belajar Whatsapp Group |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY