Detail Cantuman Kembali
NUR ASNI - Personal Name

PERKEMBANGAN PASAR SANGKULIRANG SEBAGI PUSAT PERDAGANGAN DI KUTAI TIMUR TAHUN (1998-2007)

Nur Asni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Perkembangan Pasar Sangkulirang Sebagai Pusat Perdagangan di Kutai Timur Tahun (1998-2007). Dibimbing oleh Dr. Jamil Spd., M.AP. dan Sainal A., M. Pd.

Kata Kunci: Pasar, Sangkulirang

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perkembangan Pasar Sangkulirang Sabagai Pusat Pedagangan di Kutai Timur pada tahun 1998 sampai 2007, penelitian ini lebih di fokuskan pada perkembangan pasar Sangkulirang dan dampak keberadaan pasar Sangkulirang terhadap wilayah sekitar terkhusus di kecamatan Sangkulirang pada tahun 1998-2007. Penelitian ini merupakan jenis penelitian sejarah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat, dokumentasi, dan studi perpustakaan dari jurnal-jurnal yang relevan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecamatan Sangkulirang merupakan wilayah hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai, berdasarkan Undang-undang Nomor 47 tahun 1999. Perkembangan pasar Sangkulirang dimulai dari tahun 1998 yang didukung oleh masuknya perusahaan kayu ke Sangkulirang dan membuka jalur pedagangan, dan menjadikan pasar Sangkulirang sebagai pusat perdagangan diwilayah Sangkulirang yang melayani 5 kecamatan sekitar, diantaranya Kecamatan Kaliorang, Kubun, Sandaran, Karangan dan Sangkulirang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERKEMBANGAN PASAR SANGKULIRANG SEBAGI PUSAT PERDAGANGAN DI KUTAI TIMUR TAHUN (1998-2007)
Pengarang NUR ASNI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR p 2021
Subyek Pasar, Sangkulirang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN SEJARAH
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua