Detail Cantuman Kembali
Deka Septia Nur Alfat - Personal Name

Identitas Gender Tokoh Utama Dalam Novel Cermin Tak Pernah Berteriak Karya Ida R Yulia

ABSTRAK

Alfat, Deka Septia Nur. 2021. Identitas Gender Tokoh Utama Dalam Novel
Cermin Tak Pernah Berteriak Karya Ida R Yulia. Skripsi.
Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya,
Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Alfian Rokhmansyah., M.Hum.;
Pembimbing II: Dahri Dahlan., M.Hum.

Kata Kunci: Gender, Novel, Tokoh utama

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identitas gender yang terjadi pada tokoh utama yang mengalami kebimbangan dalam menentukan identitas gender yang akan dia pilih. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkapkan fakta cerita yang terdapat dalam novel ini seperti mengetahu alur, tokoh dan latar yang terdapat dalam novel yang diteliti.

Kajian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kajian gender dan jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pemaparan data secara deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pemaparan data secara deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini terdapat dua pendekatan yang pertama pendekatan objektif yang menggap teks merupakan suber data utama dalam penelitian yang akan digunakan untuk melihat struktur fakta cerita yang membangun novel, meliputi alur, tokoh penokohan, dan latar. Yang kedua adalah pendekatan gender yang diguankan untuk mengetahui perubahan identitas gender yang terjadi pada tokoh utama.

Hasil penelitian ini dapat diketahui identitas gender dari tokoh Baskoro yang berubah-ubah, Baskoro laki-laki yang memiliki hobi melakukan crossdressing (suka berdandan seperti perempuan). Pengaruh teman Baskoro yaitu Jonathan sangat besar terhadap kegemaran Baskoro dalam melakukan crossdresing. Pengaruh dari Ega yang merupakan anak dari Baskoro yang menginginkan ayahnya berhenti melakukan crossdressing hal tersebut yang membuat Baskoro bingung untuk mentukan mana identitas gender yang harus dia pilih dan akhirnya Baskoro memilih untuk membuang sisi femininnya dan lebih fokus ke sisi maskulinya seperti laki-laki pada umumnya yang cenderung memiliki sifat maskulin.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Identitas Gender Tokoh Utama Dalam Novel Cermin Tak Pernah Berteriak Karya Ida R Yulia
Pengarang Deka Septia Nur Alfat - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DEK i 2021
Subyek Gender, Tokoh Utama, Novel
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua