PENELITIAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PENERAPAN PERAN ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI SAMARINDA
Suci Relawati, 2020. Penelitian Di Masa Pandemi Covid-19 Penerapan Peran Orang Tua Pada Pembelajaran Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Media Kartu Bergambar Anak Usia 4-5 Tahun Di Samarinda. Dibawah Bimbingan Dr. H. Budi Rahardjo, M.S, selaku Dosen Pembimbing I, dan Fachrul Rozie, S.Pd, M.Pd, selaku Dosen Pembimbing II.
Tujuan penelitian untuk mengetahui peran orang tua dalam penerapan
pembelajaran mengenal bilangan 1-10 melalui media kartu bergambar anak usia
4-5 tahun di Jl. A. Wahab Syahrani Gg. Flamboyan RT. 26 Kel. Air Hitam Kec. Samarinda Ulu Kota Samarinda.
Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman (2014), yang terdiri dari empat komponen analisis, yaitu Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam penerapan pembelajaran pembelajaran mengenal bilangan 1-10 melalui media kartu bergambar anak usia 4-5 tahun dapat mempererat hubungannya dengan anak, terutama dalam mengembangkan kognitif anak secara langsung. Sehingga anak merasa senang dan terhibur saat belajar sambil bermain dengan mengembangkan kognitif anak selama pandemi Covid-19 ini. Karena sumber belajar yang utama dan pertama untuk anaknya adalah orang tua, maka dari itu peran orang tua sangatlah besar untuk anaknya selama kegiatan pembelajaran online di rumah. Manfaat peran orang tua dalam penerapan pembelajaran mengenal bilangan 1-10 melalui media kartu bergambar anak usia 4-5 tahun adalah menunjukkan cara anak berpikir apa yang di lihatnya dari kemampuan anak untuk mengkoordinasikan berbagai cara berpikir anak untuk menyelesaikan masalah. Saat orang tua membimbing anaknya belajar selama pandemi Covid-19 harus memiliki kriteria, yaitu : a) orang tua sebagai pengaruh untuk anak, b) orang tua sebagai motivator untuk mendukung anak agar anak semangat untuk belajar, c) orang tua sebagai pengganti guru berada di rumah, dan d) orang tua sebagai fasilitator untuk anak.
Kata Kunci : Media Kartu Bergambar Anak, Penerapan, Peran Orang Tua, Pembelajaran Mengenal Bilangan 1-10.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENELITIAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PENERAPAN PERAN ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | SUCI RELAWATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SUC p 2020 |
Subyek | Media Kartu Bergambar Anak, Penerapan Peran Orang Tua Pembelajaran Mengenal Bilangan 1-10 |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Anak Usia Dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY