Detail Cantuman Kembali
Nana Nirwana - Personal Name

Pengelompokkan Data Kategorik dengan Algoritma Qrock (Quick Robust Clustering Using Links)(Studi Kasus: Status Pembayaran Pajak Pertambahan Nilai di Kantor Pelayanan Pajak Samarinda Ulu Tahun 2018)

Clustering merupakan suatu metode untuk mencari dan mengelompokkan data yang memiliki kemiripan karakteristik (similarity) antara satu data dengan data yang lain. Metode pengelompokkan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma Qrock (Quick Robust Using Links). Algoritma Qrock memiliki metode yang lebih efisien untuk menghasilkan cluster akhir ketika Algoritma Rock sudah tidak memiliki link antar clusternya. Konsep Algoritma Qrock pada dasarnya mempunyai prinsip yang sama dengan Algoritma Rock hanya saja Algoritma Qrock mengelompokkan objek hanya berdasarkan neighbors (tetangga) dari masing-masing objek. Tujuan dari penelitian ini adalah mengelompokkan 200 data Status Pembayaran Pajak Pertamba-han Nilai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda Ulu Tahun 2018. Berdasar-kan hasil analisis pada nilai threshold ( ) = 0,1;0,2;0,3;0,4;0,5 dan 0,6 menghasilkan 1 cluster sedangkan pada nilai threshold ( ) = 0,7;0,8 dan 0,9 menghasilkan 56 cluster.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengelompokkan Data Kategorik dengan Algoritma Qrock (Quick Robust Clustering Using Links)(Studi Kasus: Status Pembayaran Pajak Pertambahan Nilai di Kantor Pelayanan Pajak Samarinda Ulu Tahun 2018)
Pengarang Nana Nirwana - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PEN 2021 NAN
Subyek Algoritma Qrock, Clustering, Data Kategorik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Statistika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua