Detail Cantuman Kembali
NOR WAHYUDI - Personal Name

Kontribusi layanan informasi karir terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMKN 6 Samarinda Tahun ajaran 2020/2021

Kontribusi layanan informasi karir terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMKN 6 Samarinda tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini di bimbing oleh Drs. Akhmad Mile, Mpd selaku pembimbing I dan Masnurima Heriyansyah, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilaksanakan dilatarbelakangi Kenyataan di lapangan permasalahan yang sering dihadapi oleh sebagian siswa Sekolah Menengah Kejuruan yaitu berkaitan dengan pemilihan jenis pendidikan yang mengarah pada pemilihan jenis pekerjaan di masa depan, perencanaan karir masa depan, pengambilan keputusan karir masa depan, dan informasi kelompok kerja yang ada dengan persyaratan yang harus dimiliki. Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi layanan informasi terhadap perencanaan karir siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, yang terdiri dari dua variabel yaitu layanan informasi karir sebagai variable bebas dan perencanaan karir sebagai variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 154 siswa dengan sampel 25. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Angket sebagaai metode utama dan wawancara sebagai metode pelengkap. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan uji prasyarat analisis untuk normalitas menggunakan uji kolmogrov-smirnov di peroleh hasil 0,200> Ha diterima maka data berdistribusi normal, untuk uji linearitas sebesar 0,37 > 0,05, Ha diterima maka terdapat hubungan yang linear. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment dengan hasil rhitung diperoleh lebih besar daripada rtabel, rhitung -0,507 >0,157 rtabel, Ha ditterima dan H0ditolak artinya tingkat kekuatan hubungan sedang. Dan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka artinya Ha ada hubungan yang signifikan antara layanan informasi karir dengan perencanaankarir siswa. dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil analisis yang dilakukan menggunakan Product Moment Pearson ditemukan tingkat kekuatan hubungan yang sedang antara layanan informasi karir terhadap perencanaan karir siswa. Artinya, layanan informasi karir salah satu faktor yang berperan penting terhadap perencanaan karir siswa khususnya pada siswa kelas XI SMKN 6 Samarinda tahun ajaran 2020/2021.
Kata Kunci: Layanan Informasi Karir Karir, Perencanaan Karir.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kontribusi layanan informasi karir terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMKN 6 Samarinda Tahun ajaran 2020/2021
Pengarang NOR WAHYUDI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NOR K 2021
Subyek Layanan Informasi Karir Karir, Perencanaan Karir.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan BIMBINGAN DAN KONSELING
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua