PROFIL PELAYANAN KEFARMASIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN APOTEK DI KECAMATAN SAMARINDA KOTA
Apotek adalah sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukannya praktek kefarmasian oleh apoteker. Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang yang muncul di dalam diri seseorang setelah mendapat pelayanan yang diterima atau dialami secara langsung. Pada pemberian pelayanan apotek yang berbeda akan berdampak pada kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen apotek, dan mengetahui profil pelayanan kefarmasian serta tingkat kepuasan konsumen apotek di Kecamatan Samarinda Kota. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan pengambilan sampel secara purposive sampling terhadap 30 orang pasien yang menebus resep di apotek Kecamatan Samarinda Kota. Kuesioner pelayanan kefarmasian dilakukan pengisian oleh apoteker dan kuesioner skala likert dilakukan pengisian oleh konsumen apotek. Data dikumpulkan dari 210 konsumen apotek di 7 apotek Kecamatan Samarinda Kota pada bulan September-Desember 2019. Kuesioner pelayanan kefarmasian dan kuesioner kepuasan konsumen yang telah terkumpul kemudian diberi skor masing-masing dan dikategorikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik konsumen apotek di Kecamatan Samarinda Kota, pada kelompok usia tingkat persentase tertinggi sebesar 80,47% didominasi oleh kelompok usia 18 tahun sampai dengan 49 tahun, pada kelompok jenis kelamin tingkat persentase tertinggi sebesar 72,84% untuk perempuan, pada kelompok pendidikan persentase tertinggi ditunjukan oleh konsumen yang berpendidikan SMA dengan persentase sebesar 47,62%, pada kelompok pekerjaan konsumen apotek merupakan ibu rumah tangga dengan tingkat persentase sebesar 31,44%, dan pada kelompok kunjungan apotek persentase tertinggi ditunjukan oleh konsumen yang berkunjung lebih dari 5 kali dengan persentase sebesar 57,14%.Berdasarkan perolehan skor dan pengkategorian pelaksanaan pelayanan kefarmasian apotek-apotek di Kecamatan Samarinda Kota, terdapat 3 apotek (85,71%) yang masuk dalam kategori baik, 3 apotek (71,42%) yang masuk dalam kategori sedang, dan 1 apotek (57,14%) yang masuk dalam kategori kurang.Tingkat kepuasan konsumen apotek menunjukan bahwa kepuasan konsumen untuk 5 dimensi tergolong kategori puas. Dari data yang telah dianalisis didapatkan 22,2% konsumen tidak puas dan 77,8% konsumen puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh pihak apotek di Kecamatan Samarinda Kota.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PROFIL PELAYANAN KEFARMASIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN APOTEK DI KECAMATAN SAMARINDA KOTA |
---|---|
Pengarang | Nursi Romadanti - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2021 |
Subyek | Kepuasan Konsumen karakteristik, apotek, pelayanan kefarmasian |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Farmasi |
Jurusan | S1 Farmasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY