Detail Cantuman Kembali
Sahadah - Personal Name

Kesiapan Sekolah Dalam Pembelajaran Online (E-learning) Di SD Negeri 007 Sungai Kunjang Samarinda

Penelitian ini bertujuan untuk :(1)Mendiskripsikan kesiapan sekolah dalam pembelajaran online di SDN 007 Sungai Kunjang, (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung pembelajaran online (e-learning),(3) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat pembelajaran online (e-learning)
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tenik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesiapan sekolah dalam pembelajaran online (e-learning) di SD Negeri 007 Sungai Kunjanag termasuk baik. Pembelajaran online (e-learning) menggunakan aplikasi WhatsApp dan aplikasi Zoom dengan dibantu oleh orang tua peserta didik. Guru mengetahui dan memahami penggunaan aplikasi pembelajaran online e-learning seperti WhatsApp, Zoom dan Google Class Room. Guru-guru mengikuti pelatihan dalam pembelajaran online (e-learning) serta tidak memiliki kesulitan dalam mengakses internet dalam pembelajaran. Sarana prasarana sekolah yang memadai seperti tersedianya wifi, memiliki komputer di sekolah dan biaya yang cukup dalam pembelajaran serta sekolah memiliki program khusus sebagai pedoman guru dalam dalam proses belajar mengajar. (2) Faktor pendukung pembelajaran online (e-learning) antara lain : sarana dan prasarana di Sekolah memadai, rekan kerja guru di sekolah memiliki kemampuan IT yang cukup dan tersedianya dana cukup dalam menerapkan pembelajaran dan memiliki program yaitu Kurikulum Darurat. (3) Faktor penghambat yang dialami sekolah antara lain : sebagian peserta didik tidak memiliki telepon seluler, kuota internet, akses jaringan yang tidak stabil, ketidakpahaman orang tua dalam menggunakan aplikasi pendukung pembelajaran, tidak ada waktu yang tepat bagi oran tua untuk membantu peserta didik karena harus bekerja dan peserta didik sulit memahami materi pada proses pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kesiapan Sekolah Dalam Pembelajaran Online (E-learning) Di SD Negeri 007 Sungai Kunjang Samarinda
Pengarang Sahadah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SAH k 2021
Subyek Kesiapan Sekolah, Pembelajaran Online (E-learning,
Faktor Pendukung, Faktor Penghambat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua