Detail Cantuman Kembali
HELDA MARYUNI - Personal Name

UPAYA PEMERINTAH MACAU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN INDONESIA MELALUI BIDANG GASTRONOMI TAHUN 2015-2019

Helda Maryuni, NIM 1502045003, Upaya Pemerintah Macau Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Indonesia Melalui Bidang Gastronomi Tahun 2015-2019. Di bawah bimbingan bapak Chairul Aftah, S.IP, MIA selaku Pembimbing I dan Ibu Etha Pasan, S.IP, MA selaku Pembimbing II, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yag telah dilakukan oleh pemerintah Macau untuk meningkatkan jumlah kunjungan oleh wisatawan asal Indonesia ke Macau. Penelitian ini menggunaan metode penelitian deskriptif case study. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder dengan cara telaah pustaka, dan browsing internet. Teknis analisis data yang digunakan adalah analiis kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan konsep diplomasi budaya untuk menganalisis penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan oleh pemerintah Macau untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Macau menggunakan berbagai upaya yaitu upaya internal dan upaya eksternal. Upaya internal yaitu upaya didalam negri dengan cara pembebasan visa atau ijin masuk wisatawan mancanegara dan anggaran pemerintah terhadap sektor pariwisata. Adapula upaya eksternal yaitu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Macau diluar negeri dengan cara mempromosikan berbagai macam keunikan budaya Macau di Indonesia, salah satunya bidang gastronomi. Pemerintah Macau mengadakan pestival di Indonesia untuk memperkenalkan warisan kuiner lokal khas Macau dengan melakukan serangkaian acara Food Truck Roadshow. Acara pestival ini diikuti oleh para jurnalis, hotel dan travel agent.
Kata Kunci : Gastronomi Macau, Pemerintah Macau, Wisatawan Indonesia.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UPAYA PEMERINTAH MACAU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN INDONESIA MELALUI BIDANG GASTRONOMI TAHUN 2015-2019
Pengarang HELDA MARYUNI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HEL u 2020
Subyek Gastronomi Macau, Pemerintah Macau, Wisatawan Indo
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan hubungan internasional
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua