Detail Cantuman Kembali
Ina Rahmat Wati - Personal Name

Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Adobe Flash Pro CS6 Materi Pengaruh Kalor terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda pada Siswa Kelas V SDN 019 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa kesulitan memahami konsep materi yang di sampaikan guru pada mata pelajaran IPA materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan dan kelayakan media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash Pro CS6 materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda pada siswa kelas V SDN 019 Samarinda Ulu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash Pro CS6 materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda pada siswa kelas V SDN 019 Samarinda Ulu.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Subjek Penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan guru kelas V SDN 019 Samarinda Ulu. Objek penelitian adalah media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash Pro CS6 materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda pada siswa kelas V SDN 019 Samarinda Ulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan angket validasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rata-rata dan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash Pro CS6 materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda pada siswa kelas V SDN 019 Samarinda Ulu, dengan menggunakan langkah penelitian dari Borg and Gall yang hanya menggunakan langkah penelitian hanya sampai pada langkah kelima yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi desain. Hasil uji kelayakan oleh ahli media termasuk dalam kriteria penilaian “sangat layak” dengan rata-rata skor 4,3 dan persentase kelayakan sebesar 86,11%. Uji kelayakan oleh ahli materi termasuk dalam kriteria penilaian “sangat layak” dengan rata-rata skor 4,26 dan persentase kelayakan sebesar 85,33%. Uji kelayakan oleh guru kelas V termasuk dalam kriteria penilaian “sangat layak” dengan rata-rata skor 4,64 dan persentase kelayakan sebesar 92, 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash Pro CS6 materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda pada siswa kelas V SDN 019 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2020/2021 “sangat layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Adobe Flash Pro CS6 Materi Pengaruh Kalor terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda pada Siswa Kelas V SDN 019 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021
Pengarang Ina Rahmat Wati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI INA p 2021
Subyek Media Pembelajaran IPA
Adobe Flash Pro CS6
Materi Pengaruh Kalor terhadap Perubahan Suhu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua