Analisis Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Pada Pembelajaran Daring Materi Struktur Atom di SMAN 1 Tanjung Palas Utara
Radoh Rinasih Hermawani, 2020. Analisis Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Pada Pembelajaran Daring Materi Struktur Atom di SMAN 1 Tanjung Palas Utara. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Nurlaili, M. P. selaku pembimbing I dan Iis Intan Widiyowati, S. Pd., M. Pd selaku pembimbing II.
Gaya belajar siswa dapat menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Hal ini menyebabkan seorang guru perlu menyesuaikan proses pembelajaran dan mengetahui gaya belajar siswanya, terutama pada masa pandemi virus corona yang menyebabkan proses pembelajaran di Indonesia berubah menjadi pembelajaran daring. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa berdasarkan gaya belajar VAK pada pembelajaran daring pada materi struktur atom di SMAN 1 Tanjung Palas Utara tahun 2020. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Tanjung Palas Utara yang berjumlah 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA berjumlah 23 orang, X IPS 1 berjumlah 26 orang dan X IPS 2 berjumlah 22 orang total sampel yang digunakan adalah 71 orang. Teknik pengambilan data dilakukan melalui angket, post-test dan ulangan harian. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas X yang memiliki gaya belajar visual memiliki hasil belajar 73.9 termasuk kategori cukup, siswa yang memiliki gaya belajar auditori memiliki hasil belajar 70.7 termasuk kategori cukup, gaya belajar kinestetik memiliki hasil belajar 73.7 termasuk kedalam kategori cukup dan siswa yang memiliki gaya belajar lebih dari satu yaitu gaya belajar visual dan kinestetik memiliki hasil belajar yaitu 79.5 nilai ini termasuk kedalam kategori baik.
Kata kunci: Hasil belajar, Gaya Belajar, visual, auditori, kinestetik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Pada Pembelajaran Daring Materi Struktur Atom di SMAN 1 Tanjung Palas Utara |
---|---|
Pengarang | Radoh Rinasih Hermawani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAD a 2021 |
Subyek | KINESTETIK Analisis Hasil Belajar Hasil belajar, Gaya Belajar, visual, auditori |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY