Detail Cantuman Kembali
NAWWAR MARDIANTO - Personal Name

Pengaruh Ekstrak Sarang Semut (Myrmecodia pendens) Terhadap Profil Darah dan Kelulusan Hidup Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus Var.) yang Diinfeksi Bakteri (Aeromonas hydrophila)

Nawwar Mardianto, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman 2021. Pengaruh Ekstrak Sarang Semut (Myrmecodia pendens) terhadap Profil Darah dan Kelulusan Hidup Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus Var.) yang Diinfeksi Bakteri (Aeromonas hydrophila). Dibimbing oleh Dr. Retno Aryani, M.Si dan Rudy Agung Nugroho, M.Si, Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak umbi Sarang Semut dengan konsentrasi 0,1% yang diinjeksikan ke ikan terhadap profil darah dan kelulusan hidup ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus Var.). Sejumlah 41g dibagi menjadi 6 kelompok: Kontrol (K);19 cm dan 480 ekor ukuran Injeksi Plasebo aquadest (P1); Injeksi ekstrak umbi Sarang Semut (P2); Infeksi dengan A. hydrophila dan injeksi ekstrak umbi Sarang Semut (P3); Infeksi dengan A. hydrophila dan injeksi antibiotik Gentamicin (P4); Infeksi dengan A. hydrophila (P5). Penginfeksian bakteri A.hydrophila dengan kepadatan 108 CFU diinjeksikan secara intramuscular sebanyak 200 µl sedangkan ekstrak umbi Sarang Semut diinjeksikan secara intraperitoneal sebanyak 200 µl. Persentase dan jumlah dari profil darah dan kelulusan hidup dianalisis setelah 96 jam pasca infeksi A. hydrophila. Hasil menunjukan bahwa ikan yang diinjeksikan ekstrak umbi Sarang Semut mengalami peningkatan jumlah limfosit dan platelet. Sedangkan untuk kelulusan hidup ikan pada kelompok P3 lebih tinggi dibandingkan P5

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Ekstrak Sarang Semut (Myrmecodia pendens) Terhadap Profil Darah dan Kelulusan Hidup Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus Var.) yang Diinfeksi Bakteri (Aeromonas hydrophila)
Pengarang NAWWAR MARDIANTO - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAW p 2021
Subyek Ikan Lele Sangkuriang, Myrmecodia pendens, Aeromon
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua