Detail Cantuman Kembali
Laila Nur Rahmadani - Personal Name

Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Online pada Siswa Kelas V SD Negeri 016 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021

Laila Nur Rahmadani, 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Online pada Siswa Kelas V SDN 016 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Mohammad Ilyas, M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. H. La Djangka, M.Pd selaku pembimbing II.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Narasi, Gambar Seri.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN 016 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan keterampilan menulis narasi dengan media gambar seri dalam pembelajaran online pada siswa kelas V SDN 016 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2020/2021?”.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan secara online. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN 016 Samarinda Ulu yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan dan guru kelas. Objek penelitian ini adalah keterampilan siswa menulis narasi dengan media gambar seri. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester I tahun pembelajaran 2020/2021, yang dimulai pada bulan September sampai dengan bulan Oktober dengan dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan secara online. Penelitian ini dilaksanakan secara online melalui Video Call via WhatsApp di SDN 016 Samarinda Ulu yang terletak di Jalan Pangeran Suryanata Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan penugasan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan penugasan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata- rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kondisi awal adalah 60,24 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 36%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 24% dari nilai pada pra siklus dengan nilai rata-rata kelas 69,28 dengan persentase ketuntasan 60% predikat rendah. Kemudian pada siklus II meningkat kembali sebesar 48% dari nilai pada pra siklus, dengan nilai rata-rata kelas 76,16 dengan persentase ketuntasan 84% predikat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis narasi dengan media gambar seri dalam pembelajaran online pada siswa kelas V SDN 016 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2020/2021.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Online pada Siswa Kelas V SD Negeri 016 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021
Pengarang Laila Nur Rahmadani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI LAI p 2021
Subyek Keterampilan Menulis, Narasi, Gambar Seri
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua