Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Tema 7 Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Ida Fitriani, 2021. Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Tema 7 Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman Samarinda. Pembimbing I: Drs. H. La Djangka, M.Pd. Pembimbing II: Sukriadi S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Analisis, Kelayakan Buku Siswa, Kurikulum 2013.
Penelitian ini dilatabelakangi oleh buku teks siswa terbitan Kemendikbud yang dua kali melakukan revisi yaitu terbitan tahun 2016 dan 2017. Oleh karena itu, perlu diketahui kelayakan buku teks pelajaran terbitan Kemendikbud revisi tahun 2017, khususnya buku siswa tema 7, subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku dalam aspek kelayakan isi materi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana kelayakan isi materi, penyajian, dan bahasa buku siswa kelas IV sekolah dasar kurikulum 2013 tema 7 subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi atau dokumen. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah pada semester ganjil tahun pembelajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah buku siswa kelas IV kurikulum 2013 tema 7 subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumenter. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan buku yang terdiri dari lembar penilaian kelayakan isi materi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kelayakan isi materi, diperoleh persentase sebesar 88,08% dengan kriteria sangat layak, pada aspek kelayakan penyajian, diperoleh persentase sebesar 60,39% dengan kriteria cukup layak, dan pada aspek kelayakan bahasa, diperoleh persentase sebesar 75,95% dengan kriteria layak. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kelayakan isi materi, penyajian, dan bahasa buku siswa kelas IV sekolah dasar kurikulum 2013 tema 7 subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku layak dengan persentase sebesar 74,80%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Tema 7 Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku |
---|---|
Pengarang | IDA FITRIANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI IDA a 2021 |
Subyek | Analisis, Kelayakan Buku Siswa, Kurikulum 2013 |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY