Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan serta Word of Mouth terhadap Keputusan Menginap pada Swiss-Belhotel Borneo di Samarinda
Brand image dan Kualitas Pelayanan serta Word of Mouth penting diterapkan oleh suatu perusahaan jasa dibidang perhotelan yang ingin meningkatkan jumlah tamu untuk menggunakan atau menginap di hotelnya. Swiss-Belhotel Borneo di Samarinda merupakan salah satu perusahaan jasa dibidang perhotelan yang bergantung kepada jumlah tamu yang memutuskan menginap di hotel tersebut agar dapat meraih keuntungan. Namun demikian, tamu yang memutuskan menginap di Swiss-Belhotel Borneo di Samarinda belum mencapai target yang ditentukan bahkan presentase jumlah tamu yang fluktuatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Menginap pada Swiss-Belhotel Borneo di Samarinda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu brand image, kualitas pelayanan, word of mouth, sedangkan variabel dependen yaitu keputusan menginap.
Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang sedang atau pernah menginap di Swiss-Belhotel Borneo di Samarinda. Oleh karena itu, maka dilakukan pengambilan sampel untuk penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan non probability sampling. Jenis non probability sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image (X1), Kualitas Pelayanan (X2), Word of Mouth (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap (Y). Pengujian hipotesis secara keseluruhan (Uji F) membuktikan hipotesis berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan menginap secara bersama-sama diterima (H0 ditolak dan Ha diterima).
Hasil Pengujian dengan Uji t diketahui bahwa variabel word of mouth merupakan variabel yang paling signifikan dan memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan menginap pada Swiss-Belhotel Borneo di Samarinda.
Kata Kunci: Brand Image, Kualitas Pelayanan, Word of Mouth, Keputusan Menginap.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan serta Word of Mouth terhadap Keputusan Menginap pada Swiss-Belhotel Borneo di Samarinda |
---|---|
Pengarang | Rachel Novia Atan - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAC p 2020 |
Subyek | Brand Image, Kualitas Pelayanan Word of Mouth, Keputusan Menginap |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Administrasi Bisnis konsentrasi Pariwisata dan Hospitality |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY