Detail Cantuman Kembali
ARI SANDY - Personal Name

CAUSES OF STUDENTS 'ANXIETY OF SEMESTER 2 CLASS B IN LEARNING ENGLISH IN DEPARTMENT OF ENGLISH AT SAMARINDA MULAWARMAN UNIVERSITY ACADEMIC YEAR 2019/2020

Ary Sandy, Penyebab Kecemasan Para Mahasiswa Semester 2 Kelas B Dalam Belajar Bahasa Inggris Di Jurusan Bahasa Inggris Pada Universitas Mulawarman Samarinda Untuk Tahun Akademik 2019/2020 (orientasi studi kasus pada pendalaman kemampuan berbicara). Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Yuni Utami Asih, S. Pd., M. Pd., selaku Dosen Pembimbing Pertama dan Dr. Desy Rusmawaty, MA., selaku Dosen Pembimbing Kedua. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman Samarinda 2019.
Penelitian ini menggunakan metode qualititaf deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara terhadap dua puluh delapan para mahasiswa yang kuliah semester 2 kelas B di jurusan bahasa Inggris pada Universitas Mulawarman Samarinda untuk tahun akademik 2019/2020 yang tergabung dalam satu kelas semuanya terpilih sebagai peserta responden. Pertanyaan mengacu pada faktorfaktor atau aspek yang berkontribusi terhadap kecemasan para mahasiswa terkait dengan orientasi studi kasus pada pendalaman kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris, yakni aspek para dosen dan/atau para tenaga pengajar lainnya, aspek materi kuliah, dan aspek para mahasiswa itu sendiri sesuai dengan teori Horwitz, Worde and Price (1986).
Aspek yang paling berpengaruh dominan yakni pada Rangking pertama adalah aspek Mahasiswa itu sendiri (Aspect of Anxiety Caused by the Students) sebesar 47,1%, diikuti Rangking kedua adalah aspek Tutor atau Dosen (Aspect of Anxiety Caused by the Tutor or Lecturers) sebesar 46,4%, dan terakhir Rangking ketiga adalah aspek Materi Perkuliahan (Aspect of Anxiety Caused by the Lecture Materials) sebesar 44,6%.
Kalau dilihat dari kesepuluh variabel atau sub aspek, maka Rangking pertama adalah variabel-9 yakni Stressful learning experience sebesar 57,1%, kemudian Rangking kedua adalah variabel-10 yakni Lack of preparation sebesar 53,6%, dan terakhir Rangking ketiga adalah variabel-1 yakni Fear of negative evaluation by tutor, lecturers, teachers or peers; ridiculed dan juga variabel-4 yakni Excessive lecture materials bersama-sama sebesar 50,0%.
Kata kunci: Kecemasan Mahasiswa, Bahasa Inggris

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul CAUSES OF STUDENTS 'ANXIETY OF SEMESTER 2 CLASS B IN LEARNING ENGLISH IN DEPARTMENT OF ENGLISH AT SAMARINDA MULAWARMAN UNIVERSITY ACADEMIC YEAR 2019/2020
Pengarang ARI SANDY - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ARY c 2020
Subyek Kecemasan Mahasiswa, Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Bahasa dan seni
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua