Detail Cantuman Kembali
MASHURI - Personal Name

STUDI PENGARUH PASANG SURUT TERHADAP PROSES PERCAMPURAN DAN TRANSPOR SEDIMEN DI ESTUARI DELTA MAHAKAM KALIMANTAN TIMUR

ABSTRAK
Mashuri. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman. Studi ini membahas tentang pengaruh pasang surut terhadap proses percampuran dan transpor sedimen di estuari Delta Mahakam Kalimantan Timur dengan menggunakan model hidrodinamika tiga dimensi (3D).
Pada penelitian ini, model hidrodinamika tiga dimensi (3D) telah di aplikasikan di estuari Delta Mahakam, Kalimantan Timur untuk mengkaji pengaruh pasang surut terhadap proses percampuran dan transpor sedimen di area penelitian. Dengan menampilkan hasil konsentrasi sedimen, suhu, salinitas secara spasial maupun secara vertikal. Pergerakan arus juga dapat kita lihat secara spasial.
Simulasi dilakukan pada bulan Januari 2015 dengan menggunakan debit sungai dan pasang surut sebagai gaya pembangkit. Verifikasi model dilakukan dengan membandingkan data lapangan dengan data model dari hasil keluaran. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian antara keluaran model dengan data lapangan dan pada hasil keluaran pada saat pasang surut perbani maupun pasang surut purnama, pergerakan dari masing-masing area penelitian mempunyai pola yang berbeda-beda. Namun secara spasial dapat kita lihat nilai dari salinitas adalah 25 - 31 ‰, suhu antara 29 – 30 O C serta konsentrasi sedimen antara 1x10 hingga 1x10-4 gr/cm3, dengan nilai rata-rata arus adalah 0,3 – 0,7 m/s.
Kata kunci: model hidrodinamika, suhu dan salinitas, konsentrasi sedimen, estuari, Delta Mahakam, pasang surut.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI PENGARUH PASANG SURUT TERHADAP PROSES PERCAMPURAN DAN TRANSPOR SEDIMEN DI ESTUARI DELTA MAHAKAM KALIMANTAN TIMUR
Pengarang MASHURI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua