EVALUASI PELAKSANAAN KEBIJAKAN BOSDA SMP UNTUK MENDUKUNG WAJIB BELAJAR 9 TAHUN DI KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR 2018/2019
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengevaluasi pelaksanaan kebijakan Perencanaan Penyusunan RKAS dan Penyusunan RAB Dana BOSDA SMP untuk Mendukung Wajib Belajar 9 Tahun; (2) Mengevaluasi Pelaksanaan kebijakan Program BOSDA SMP untuk Mendukung Wajib Belajar 9 Tahun; (3) Mengevaluasi pelaksanaan kebijakan Pengawasan Dana BOSDA SMP untuk Mendukung Wajib Belajar 9 Tahun; (4) Mengevaluasi Pencapaian Sasaran Program BOSDA SMP untuk Mendukung Wajib Belajar 9 Tahun; (5) Mengevaluasi Perbandingan hasil yang dicapai dengan Tujuan Program BOSDA SMP untuk Mendukung Wajib Belajar 9 Tahun; (6) Menemukan rumusan BOSDA SMP untuk Mendapatkan Besaran Ideal Untuk Mendukung Wajib Belajar 9 Tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menekankan hasil naturalistik digabungkan dengan hasil penelitian kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis data sesuai dengan pendekatan yang dijabarkan oleh Huberman dan Miles. Keabsahan data kualitatif dilihat dari aspek kredibilitas, tranferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Model evaluasi yang digunakan adalah Discrepancy Evaluation Model (DEM) yang dikembangkan oleh Malcolm Provus. Penelitian ini menyimpulkan : (1) Perencanaan Penyusunan RKAS dan Penyusunan RAB Dana BOSDA SMP mendukung Wajib Belajar 9 Tahun cukup efektif; (2) Pelaksanaan program BOSDA yang dilakukan mendukung wajib belajar 9 tahun karena dipantau oleh tim manajemen BOSDA cukup efektif; (3) Pengawasan pelaksanan program BOSDA mendukung wajib belajar 9 tahun karena melibatkan pengawas internal, inspektorat dan BPK serta masyarakat dan komite sekolah kurang efektif; (4) Sasaran kebijakan BOSDA adalah pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP), dengan mempertimbangkan bahwa biaya operasi sekolah ditentukan oleh jumlah peserta didik dan beberapa komponen biaya tetap yang tidak tergantung dengan jumlah peserta didik; (5) Pencapaian tujuan BOSDA sudah sesuai dengan program BOSDA yaitu membebaskan pungutan bagi seluruh peserta didik negeri terhadap biaya operasi sekolah; dan (6) Rumusan BOSDA SMP untuk mendapatkan iii Besaran Ideal yaitu Rp. 2.580.000/siswa/tahun yang selama ini hanya Rp. 1.580.000 untuk Mendukung Wajib Belajar 9 Tahun adalah apabila dana BOSDA memenuhi kebutuhan siswa dan kelengkapan fasilitas di sekolah, perbaikan fasilitas sarana prasarana untuk mencapai standar minimum pelayanan. Penelitian ini menemukan rumusan Bosda besaran ideal Rp. 2.580.000/siswa/tahun Kata Kunci : Evaluasi, Kebijakan, Bosda, Wajib Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EVALUASI PELAKSANAAN KEBIJAKAN BOSDA SMP UNTUK MENDUKUNG WAJIB BELAJAR 9 TAHUN DI KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | Made Ngurah Partha - Personal Name |
No. Panggil | DISERTASI MAD e 2020 |
Subyek | Evaluasi, Kebijakan, Bosda, Wajib Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Manajemen Pendidikan Program Doktor |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY