Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia dengan Model Pembelajaran Picture and picture Pada Siswa Kelas V SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Ajaran 2017/2018
Jum’atun,2020 Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia dengan Model Pembelajaran picture and picture pada Siswa Kelas V SDN 015 Sungai KunjangTahunPembelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, picture and picture, Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendah nya semangat siswa untuk mengikuti pelajaran yang berlangsung, sering mengabaikan penjelasan guru dan siswa juga tidak terlalu serius untukmengerjakan tugas-tugas yang diberikanoleh guru dan juga tidak bersemangat untuk mengikuti pembelajaran yang berlangsung.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar IPS materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia dengan model pembelajaran picture and picture siswa kelas V di SDN 015 Sungai Kunjang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi Kearagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia dengan model pembelajaran picture and picture siswa kelas V di SDN 015 Sungai Kunjang.Analisa Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi dengan menggunakan 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 015 Sungai Kunjang yang berjumlah 37 siswa dan 1 guru kelas.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata, persentase, dan grafik untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwah asil belajar siswapa damateri Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia dengan model pembelajaran Picture and picture meningkat pada setiap siklus. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia dengan Model Pembelajaran Picture and picture Pada Siswa Kelas V SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Ajaran 2017/2018 |
---|---|
Pengarang | JUMATUN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI JUM P 2020 |
Subyek | Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, picture and picture |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan guru sekolah dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY