IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KOMPOSISI BERDASARKAN KEMAMPUAN DI SMA BUDI LUHUR SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Syahidin, Nadia Alvionita. 2020. Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Komposisi Berdasarkan Kemampuan Di SMA Budi Luhur Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Pembimbing (I) Dra. Ariantje Dimpudus, M.Pd dan Pembimbing (II) Drs. H. Haeruddin, M.Si .
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi fungsi komposisi berdasarkan kemampuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budi Luhur Samarinda pada tahun ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 35 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi fungsi komposisi dan penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah itu dilakukan pemeriksaan keabsahan data yaitu triagulasi dengan mewawancarai guru matematika yang mengajar di kelas X IPA1 SMA Budi Luhur Samarinda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi, siswa melakukan kesalahan terbanyak di penyimpangan algoritma dengan siswa kelompok tinggi, tidak lengkap menuliskan langkah penyelesaiannya, kelompok sedang dan rendah keliru dalam menuliskan langkah definisi, sehingga tidak menghantarkan siswa ke jawaban yang benar. Kesalahan operasi juga dilakukan siswa, dengan kelompok tinggi banyak melakukan kesalahan di kriteria keliru dalam menentukan operasi yang harus di kerjakan terlebih dahulu, serta kelompok sedang dan rendah sebagian besar melakukan keslahan pada kriteria keliru mengoperasikan bentuk pecahan. Kesalahan menghitung di lakukan siswa di setiap kategori pada kriteria keliru menuliskan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian maupun perpangkatan. Kesalahan menjawab sembarang jarang dilakukan siswa, namun ada beberapa siswa yang menuliskan hasil akhir berbeda dengan yang ditanyakan. Faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut antara lain adalah (1) Kurangnya pemahaman siswa dari materi dasar maupun materi komposisi fungsi, kurang bertanya saat tidak paham, terlambat sehingga ketinggalan materi, (2) Terburu-buru dalam menyelesaikan soal dan minimnya ketelitian, (3) Tidak membaca dan memahami soal dengan baik, kurangnya pemahaman dalam menyelesaikan soal, (4) Tidak mempunyai sumber belajar yang memadai selain dari penejelasan guru di kelas.
Kata Kunci: Identifikasi Kesalahan, Kemampuan, Fungsi Komposisi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KOMPOSISI BERDASARKAN KEMAMPUAN DI SMA BUDI LUHUR SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | NADIA ALVIONITA SYAHIDIN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NAD i 2020 |
Subyek | Identifikasi Kesalahan Kemampuan, Fungsi Komposisi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY