PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DAN SELF-ESTEEM TERHADAP RETENSI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1 SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan retensi belajar siswa pada kelas yang menggunakan dan tidak menggunakan QTLM, (2) pengaruh QTLM terhadap retensi belajar siswa, dan (3) pengaruh self- esteem terhadap retensi belajar siswa, (4) pengaruh QTLM dan self- esteem secara simultan terhadap retensi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group.
Data diperoleh dari hasil hasil pre-test, post-test dan re-test soal kognitif dan kuisioner Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Samarinda yang berjumlah 204 siswa. Sampel penelitian ini adalah dua kelas homogen yang masing-masing berjumlah 37 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah siswa per kelas, waktu pembelajaran, dan diperkuat dengan uji homogenitas. Data dianalisis dengan menggunakan analisis ANOVA untuk rumusan masalah 1,3,4, dan 5, dan analisis t-test untuk rumusan masalah kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa QTLM memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan dari kelas yang menggunakan QTLM dan kelas yang menggunakan model tradisional. Dalam penelitian ini, self-esteem tidak memberikan pengaruh yang siginifikan terhadap retensi belajar siswa. Secara simultan, QTLM dan self-esteem tidak memberi pengaruh yang signifikan terhadap retensi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris.
Kata Kunci: Quantum Teaching Learning Model, retensi belajar, self- esteem
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DAN SELF-ESTEEM TERHADAP RETENSI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1 SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | ENDAH NUR LATIFAH - Personal Name |
No. Panggil | TESIS END p 2020 |
Subyek | Kata Kunci: Quantum Teaching Learning Model, reten |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | MAGISTER KEPENDIDIKAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY