Detail Cantuman Kembali
NURJANAH - Personal Name

KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP BUDI LUHUR SAMARINDA PADA MATERI HIMPUNAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Nurjanah. 2020. Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Budi Luhur Samarinda Pada Materi Himpunan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mulawarman. Pembimbing : (I) Dr. H. PM. Labulan, M.Pd, dan (II) Dr. H. Usfandi Haryaka, M. Pd
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sifat penelitian yaitu bersifat deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi himpunan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Budi Luhur Samarinda pada tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan denga observasi, tes tertulis, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan indikasi siswa yang mengalami kesulitan diantaranya, siswa sering lupa dengan materi yang telah diberikan, siswa hanya belajar jika ada tugas atau ulangan saja, siswa tidak mengulang kenbali pembelajaran disekolah, siswa memilih mengerjakan tugas disekolah, siswa juga mengerjakan tugas dengan bertanya kepada teman atau mengerjakan tugas yang hanya siswa mudah, siswa tidak bertanya secara menyeluruh jika ada yang kurang atau tidak dipahami. Dari hasil analisis, disimpulkan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan yaitu siswa kesulitan dalam menggambar diagram Venn secara kontekstual berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, siswa kesulitan dalam menyatakan keanggotan himpunan, siswa kesulitan dalam menyelesaikan operasi himpunan, dan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal himpunan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan siswa lebih memperhatikan dalam menggambar diagram Venn, menyelesaikan operasi himpunan, dan guru diharapkan lebih memperhatikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP BUDI LUHUR SAMARINDA PADA MATERI HIMPUNAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Pengarang NURJANAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR k 2020
Subyek kesulitan, matematika
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua