Detail Cantuman Kembali
Arina Dwi Nurjannah - Personal Name

Hubungan Citra Tubuh (Body Image) dengan Harga Diri (Self Esteem) Remaja Putri Kelas XI MAN 1 Samarinda Tahun 2020

Arina Dwi Nurjannah, 2020. Hubungan Citra Tubuh (Body Image) dengan Harga Diri (Self Esteem) Remaja Putri Kelas XI MAN 1 Samarinda Tahun 2020. Penelitian ini di bimbing oleh Dra. Hj. Tri Wahyuningsih, M.Si selaku pembimbing I dan Yasintha Sari Pratiwi, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku pembimbing II.
Penampilan yang menarik merupakan idaman bagi para remaja putri. Oleh sebab itu banyak remaja putri menjadi lebih memperhatikan penampilan. Penilaina terhadap bentuk tubuh yang tidak sesuai dengan keinginan akan membentuk citra tubuh menjadi rendah. Jika demikian hal tersebut akan mengakibatkan timbulnya perasaan kecewa terhadap diri sendiri sehingga dapat membentuk harga diri menjadi rendah pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan citra tubuh (body image) dengan harga diri (self esteem) remaja putri kelas XI MAN 1 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sample menggunakan random sampling mendapat sample 112 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala dan dokumentasi untuk melengkapi data. Skala terlebih di uji validitas dan uji reliabilitas dihitung dengan Cronbact Alpha. Uji prasyarat analisis untuk uji normalitas menggunkan uji Kolmogrov-Smirnov Ha diterima dengan diperoleh nilai sig. 0,200 > 0,05, data berdistribusi normal, untuk uji linearitas Ha diterima dengan diperoleh nilai sig. 0,655 > 0,05, terdapat hubungan yang linear. Uji hipotesis menggunakan uji Korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian diperoleh rhitung 0,954 dan rtabel 0,154 dimana r hitung > rtabel, 0,954 > 0,154 dan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan (korelasi) antara variabel citra tubuh (body image) dengan variabel harga diri (self esteem). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan citra tubuh (body image) dengan harga diri (self esteem) remaja putri kelas XI MAN 1 Samarinda dengan tingkat kekuatan hubungan bersifat sedang.

Kata Kunci: Citra Tubuh (Body Image), Harga Diri (Self Esteem), Remaja Putri

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Hubungan Citra Tubuh (Body Image) dengan Harga Diri (Self Esteem) Remaja Putri Kelas XI MAN 1 Samarinda Tahun 2020
Pengarang Arina Dwi Nurjannah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ARI h 2020
Subyek Citra Tubuh (Body Image)
Harga Diri (Self Esteem), Remaja Putri
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Bimbingan dan Konseling
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua