Detail Cantuman Kembali
Nurfitrianingsih - Personal Name

TINGGI PERMUKAAN LAUT BERDASARKAN OBSERVASI PASANG SURUT DI PANTAI INDAH PANGEMPANG KECAMATAN MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Nurfitrianingsih, 2015. Tinggi permukaan air laut berdasarkan observasi pasang surut di pantai Indah Pangempang Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara (dibimbing oleh Iwan Suyatna dan Irwan Ramadhan Ritonga).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rentang pasang surut pesisir Pangempang yang bertempat didermaga warga, mengetahui tipe pasang surut di pesisir Pangempang Muara Badak, mengetahui tinggi permukaan benchmark dari titik permukaan laut tersurut dan mengetahui jarak titik benchmark ke tiang palem pasut. Penelitian ini dilaksanakan pada awal bula juli – September 2014, lokasi penelitian di pantai Indah Pangempang Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode yang digunakan adalah metode bersifat deskriptif dengan metode survei, penelitian tinggi permukaan laut berdasakan pasang surut di pantai Indah Pangempang ini berdasakan analisis pasang surut dengan metode Admiralty. Adapun Parameter ukur yang diukur adalah adalah tinggi permukaan laut dan ketinggian benchmark terhadap permukaan laut tersurut.
Berdasakan hasil analisis metode admiralty diperoleh bahwa perairan Pangempang memiliki tipe pasang surut harian ganda (Semi Diurnal Tide)yaitu dimana bila dalam satu hari terjadi dua kali pasang dan dua kali surut yang hampirsama tingginya. Level muka air laut tertinggi mencapai 2,5 m dan level muka air laut tersurut yaitu 0.1. adapun Ketinggian benchmark terhadap permukaan laut tersurut yaitu sekitar -3 m dan jarak dari titik benchmark ke tiang palem pasut yaitu 350 m.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul TINGGI PERMUKAAN LAUT BERDASARKAN OBSERVASI PASANG SURUT DI PANTAI INDAH PANGEMPANG KECAMATAN MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Nurfitrianingsih - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua