Detail Cantuman Kembali
CANDRA PANDIANGAN - Personal Name

KARAKTERISTIK TINGKAH LAKU DAN SARANG KEPITING KENARI (Birgus latro) DI PULAU MARATUA KECAMATAN MARATUA KABUPATEN BERAU

ABSTRAK
CANDRA PANDIANGAN, Karakteristik tingkah laku dan sarang kepiting kenari (Birgus latro) di Pulau Maratua Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau (dibimbing oleh S.A. Samson dan Anugrah Aditya).
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkah laku dan kondisi lubang sarang Birgus latro di Pulau Maratua Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Pengamatan dilakukan pada bulan September – Desember 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik observasi lapangan dan laboratorium untuk mengetahui tingkah laku dan keadaan lubang sarang Birgus latro. Tingkah laku yang diamati adalah gestures, tingkah laku makan, istirahat, individu dan sosial. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa perilaku Birgus latro yang memiliki proporsi tertinggi dalam tiga sesi pengamatan adalah beristirahat dan gestures. Dari hasil pengukuran di keempat lokasi keadaan lubang sarang diketahui lubang terdalam adalah 156 cm dan terendah 52 cm berada di Pulau Bulingisan, pada diameter tinggi-lebar sarang terluas berada di Kampung Payung-payung dengan L= 41 cm T= 43 cm, untuk suhu lubang sarang berkisar antara 28-29°C. Kondisi vegetasi di Pulau Maratua yaitu termasuk formasi hutan pantai dimana vegetasi kelapa masih cukup melimpah.
Kata kunci : Tingkah Laku, Lubang Sarang, Birgus latro, Pulau Maratua.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KARAKTERISTIK TINGKAH LAKU DAN SARANG KEPITING KENARI (Birgus latro) DI PULAU MARATUA KECAMATAN MARATUA KABUPATEN BERAU
Pengarang CANDRA PANDIANGAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua