Detail Cantuman Kembali
Hendri Iswanto - Personal Name

PENGARUH PENAMBAHAN GULA dan LAMA FERMENTASI TERHADAP KADAR GULA dan ORGANOLEPTIK TAPAI PISANG MAULI (Musa acuminata)

Pisang mauli sangat jarang dimanfaatkan dalam bentuk olahan. Salah satu bentuk olahan yang dapat dilakukan adalah difermentasi menjadi tapai. Tapai adalah kudapan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat sebagai substrat oleh ragi. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh pemberian gula pada fermentasi tapai pisang mauli terhadap kadar gula, dan organoleptik dan mengetahui pemberian gula pada pembuatan tapai pisang mauli yang menghasilkan tapai dengan kualitas terbaik dilihat dari kadar gula dan organoleptik
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor dengan masing-masing 3 ulangan. Setiap perlakuan diolah dalam 100 g bahan baku. Faktor pertama adalah penambahan gula pada setiap pelakuan tapai pisang mauli dengan 5 taraf yaitu : (P1:0g), (P2:0,10g), (P3:0,30g), (P4:0,50g) dan (P5:0,70 g). Sedangkan faktor kedua adalah waktu fermentasi dengan 3 taraf yaitu : (H1=1 hari), (H2=2 hari) dan (H3=3 hari). Perlakuan penambahan gula 0,10 g ragi : 0,70 g pada fermentasi hari pertama tapai pisang mauli merupakan perlakuan terbaik berdasarkan sifat kimia dan sensoris tapai pisang mauli, hedonik dan mutu hedonik warna, aroma, dan rasa sangat disukai, dengan warna kuning, beraroma asam dan alkohol, dan memiliki rasa manis.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENAMBAHAN GULA dan LAMA FERMENTASI TERHADAP KADAR GULA dan ORGANOLEPTIK TAPAI PISANG MAULI (Musa acuminata)
Pengarang Hendri Iswanto - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HEN p 2020
Subyek Penambahan gula & lama fermentasi tapai pisang
lama fermentasi tapai pisang mauli
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua