Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Komunikasi Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020
Tujuan penelitaian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMP Negri 25 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari guru wali kelas, guru BK, dan 10 orang siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan Observsi, wawancara , dokumentasi dan catat lapangan.Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpilan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi sosial siswa dilaksanakan baik secara terprogram maupun sesuai dengan kebutuhan siswa . sesuai dengan tujuan layanan bimbingan kelompok yakni agar dapat menambah wawasan dan pemahaman untuk menguasai cara-cara atau atau kebiasaan tertentu melalui kegiatan belajar. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan pemberian layanan bimbingan kelompok sangat membantu siswa mengatasi permasalahannya mengenai komunikasi sosial, dari kegiatan tersebut mereka mampu berkomunikasi dengan baik, tidak merasa canggung/malu, maampu menyampaikan pendapat dan merasa di terima di dalam lingkungannya.
Kata Kunci : Layanan bimbingan Kelompok, Komunikasi Sosial v RIWAYAR.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Komunikasi Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | Junia Mahdalena - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI JUN l 2020 |
Subyek | Layanan Bimbingan Kelompok, Komunikasi Sosial |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY