IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 010 SAMBUTAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu persiapan, langkah penerapan model pembelajaran PBL dan perkembangan yang diperoleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan metode studi kasus, sumber data diambil dari kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas IV SD Negeri 010 Sambutan. Jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yg digunakan adalah redulsi data, penhajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan persiapan yg dilakukan adalah pengumpulan informasi siswa, kebiasaan mengajr dan belajar dikelas. Langkah penerapan model PBL adalah orientasi siswa, mengorganisasikan siswa, membimbing penyelidikan, mengembangkan hasil karya, dan menganalisis dan evaluasi. Perkembangan yang diperoleh siswa adalah perkembangan sikap siswa yang meliputi kerja sama, aktif bertanya, berdiskusi, mengumpulkan informasi, dan juga perkembangan keterampilan siswa yang meliputi kemampuan berbicara, berkomunikasi, menyimak, dan percaya diri siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 010 SAMBUTAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | Moh Toufik - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MOH i 2020 |
Subyek | Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), M |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY