PENGARUH SIKAP DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII LKP ELEKTRON SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Darmawan, Muhammad Dion. 2020. Pengaruh Sikap dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII LKP Elektron Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Abd. Basir, M.Si (II) Drs. Berahman, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII LKP Elektron Samarinda pada materi statistika tahun ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto. Pada penelitian ini terdapat dua variabel bebas, yaitu Sikap (X1) dan Kreativitas (X2) serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMP LKP Elektron Samarinda pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh (total), sehingga diperoleh sampel sebanyak 10 kelas dengan jumlah 90 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data sikap dan kreativitas siswa, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier ganda dengan taraf signifikan (α) sebesar 0,05 atau 5%.
Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor sikap sebesar 58,5791 tergolong sedang, skor rata-rata variabel kreativitas siswa sebesar 52,5448 tergolong sedang, dan nilai hasil belajar matematika sebesar 67,3889 tergolong sedang. Dari hasil analisis inferensial dengan menggunakan regresi linier ganda, diperoleh persamaaan penduga yaitu Ŷ = 33,054+ 0,268X_1 + 0,355X_2. Model regresi ini berarti pada taraf signifikan p = 0,017. Berdasarkan hasil pengujian partial, diperoleh bahwa variabel Sikap (x_1) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan taraf p = 0,011. Demikian juga diperoleh bahwa variabel Kreativitas siswa (x_2) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan taraf p = 0,034.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sikap dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII LKP Elektron Samarinda pada materi satistika tahun ajaran 2019/2020.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH SIKAP DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII LKP ELEKTRON SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD DION DARMAWAN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2020 |
Subyek | Sikap, Kreativitas, Hasil Belajar Matematika |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | MIPA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY