Detail Cantuman Kembali
Muthmainnah - Personal Name

Pengaruh Pemberian Gula Aren (Arenga pinnata Merr.) Terhadap Pembuatan Yoghurt Buah Kiwi (Actinidia deliciosa) Sebagai Penunjang Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XII Materi Bioteknologi

Muthmainnah, 2020. Pengaruh Pemberian Gula Aren (Arenga pinnata Merr.) Terhadap Pembuatan Yoghurt Buah Kiwi (Actinidia deliciosa) Sebagai Penunjang Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XII Materi Bioteknologi. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Herliani, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Masitah, S.Pd., M.Pd sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian gula aren (Arenga pinnata Merr.) terhadap pembuatan yoghurt buah kiwi (Actinidia deliciosa) menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan yakni Perlakuan 1 (Kontrol), Perlakuan 2 (Yogurt kiwi yang ditambahkan 15 ml gula aren), Perlakuan 3 (Yogurt kiwi yang ditambahkan 30 ml gula aren), dan Perlakuan 4 (Yogurt kiwi yang ditambahkan 45 ml gula aren) yang setiap sampelnya diulang 5 kali, masing-masing diperoleh melalui uji ANOVA dan dilanjutkan dengan Uji Duncan pada taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pemberian gula aren (Arenga pinnata Merr.) terhadap pembuatan yoghurt buah kiwi (Actinidia deliciosa). Pemberian gula aren pada yoghurt buah kiwi memberikan pengaruh nyata terhadap pH, tingkat kesukaan rasa, aroma, dan tekstur, namun tidak berpengaruh nyata terhadap total BAL dan kesukaan warna yoghurt. Pemberian gula aren pada konsentrasi 30 ml dan 45 ml tidak mampu meningkatkan total BAL pada fermentasi yoghurt buah kiwi. Sedangkan yogurt buah kiwi yang paling disukai oleh panelis baik dari tingkat kesukaan rasa, aroma dan tekstur adalah pada pemberian gula aren sebanyak 45 ml (P3).
Kata Kunci : Gula Aren (Arenga pinnata Merr.), Buah Kiwi (Actinidia deliciosa),Yoghurt, Total BAL, pH, Uji Organoleptik

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Pemberian Gula Aren (Arenga pinnata Merr.) Terhadap Pembuatan Yoghurt Buah Kiwi (Actinidia deliciosa) Sebagai Penunjang Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XII Materi Bioteknologi
Pengarang Muthmainnah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUT p 2020
Subyek Gula Aren, Buah Kiwi, Yoghurt, Total BAL, pH, Uji
Gula Aren (Arenga pinnata Merr.)
Buah Kiwi (Actinidia deliciosa)
Yoghurt, Total BAL, pH, Uji Organoleptik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua