Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD ADITYA PRATAMA - Personal Name

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BERCERITA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SD NASIONAL TIGA BAHASA DHARMA BHAKTI SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020

Muhammad Aditya Pratama, 2020. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Bercerita Terhadap Disiplin Siswa Kelas V SD Nasional Tiga Bahasa Dharma Bhakti Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur. Penelitian ini dibimbing Drs. Nicodemus Sere, M.Pd selaku pembimbing I dan Rury Muslifar, S. Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Pendidikan dimaksudkan untuk membantu siswa agar memahami, menyadari, dan memahami nilai-nilai serta mampu menempatkannya secara integral dalam kehidupan. Disiplin bukan bentuk pengetahuan melainkan nilai yang harus diwujudkan dalam keseluruhan tingkah laku siswa. Nilai disiplin dimiliki manusia sebagai potensi yang harus dikembangkan sejak dini, sedangkan isi nilai itu sendiri merupakan sesuatu yang harus dibangun dan ditegakkan. Dalam hal ini peneliti menggunakan layanan bimbingan kelompok serta menggunakan teknik bercerita secara daring atau dalam jaringan karena kondisi pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik bercerita terhadap kedisiplinan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Nasional Tiga Bahasa Dharma Bhakti. Jenis penelitian yang digunakan adalah experiment dengan desain penelitian Pre Ekperiment Design dengan jenis One Group Pre-test and Post-test. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa dan peneliti mengambil sampel 10 siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kedisiplinan dan dokumentasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini, yakni dengan menggunakan Purposive Sampling untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa. Adapun uji yang digunakan adalah uji Wilcoxon Signed Rank Test. Teknik analisis data yang digunakan dalam menguji hipotesis pada penelitian ini adalah Wilcoxon Signed Rank Test untuk membandingkan hasil pre test dan post test. Sedangkan uji prasyrat yang digunakan adalah uji Normalitas dengan menggunakan uji Shapiro-Wilk. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan nilai signifikansi > 0,043. Hal tersebut menujukkan bahwa data nilai hasil kedisiplinan siswa berdistibusi tidak normal. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh Asym.Sig (2-tailed) bernilai 0,000 Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik bercerita terhadap kedisiplinan siswa kelas V SD Nasional Tigas Bahasa Dhrama Bhakti Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Perlu diupayakan hendaknya menjadikan layanan bimbingan kelompok teknik bercerita sebagai salah satu layanan yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam membangun kebiasaan yang baik.
Kata Kunci: kedisiplinan, layanan bimbingan kelompok, teknik bercerita.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BERCERITA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SD NASIONAL TIGA BAHASA DHARMA BHAKTI SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Pengarang MUHAMMAD ADITYA PRATAMA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2020
Subyek kedisiplinan, layanan bimbingan kelompok
teknik bercerita
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan bimbingan dan konseling
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua