Detail Cantuman Kembali
INANDA DEVIANTI - Personal Name

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 22 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020

Devianti, Inanda. 2020. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pokok Perbandingan Di Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Dr. H. Abd Basir A, M.Si dan (II) Drs. JR. Watulingas, MM
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel eksogen yaitu Interaksi sosial (X1) dan terdapat dua variabel endogen yaitu Kebiasaan belajar (X2) dan Hasil belajar matematika (Y).
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda pada tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 390 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 200 siswa dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang Interaksi sosial dan Kebiasaan belajar sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data tentang Hasil belajar matematika. Sebelum penelitian, instrumen diuji cobakan terlebih dahulu pada kelas VII-F di SMP Negeri 22 Samarinda.
Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial jalur dengan taraf signifikan (α) sebesar 0,050 atau 5%. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata data variabel interaksi sosial, kebiasaan belajar dan hasil belajar matematika siswa sebesar 63,20, 66,00 dan 49,66 termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan analisis jalur, diperoleh persamaan struktur pada sub-struktur 1 yaitu X_2=0,827X_1+0,316 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000, maka variabel interaksi sosial berpengaruh signifikan terhadap kebiasaan belajar. Pada analisis sub-struktur 2, diperoleh persamaan Y=0,417X_1+0,331X_2+0,489 dengan nilai probabilitas (sig F) sebesar 0,000, Berlandaskan uji parsial diperoleh bahwa variabel interaksi sosial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan taraf p = 0,000 dan untuk variabel kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan taraf p = 0,000.
Berdasarkan analisis data, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kebiasaan belajar dan interaksi sosial terhadap Hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda tahun ajaran 2019/2020.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 22 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Pengarang INANDA DEVIANTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI INA p 2020
Subyek interaksi Sosial
Hasil Belajar Matematika, Kebiasaan Belajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MIPA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua