PENGARUH MEDIA MAGIC CIRCLE TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh yang diberikan dari media Magic circle terhadap minat belajar IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Samarinda dan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh dari media magic circle terhadap minat belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 5 Samarinda yang berjumlah 277 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 69 siswa. Teknik yang digunakan berupa angket dan dokumentasi.. Selanjutnya diperoleh thitungsebesar 14,902 dan ttabel sebesar 2,035. Jika thitung > ttabel maka Ho ditolak. Berdasarkan nilai yang diperoleh maka 14,902> 2,035 oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara media magic circle terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji t dan uji f menunjukkan hasil fhitung sebesar 222,077 dan sebagian nilai ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan N =34 sebesar 4130. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa fhitung lebih besar dari ftabel (222,077> 4130) sehingga Ho = ditolak Ha = diterima.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MEDIA MAGIC CIRCLE TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Dewi Sartika - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DEW p 2020 |
Subyek | Kata kunci: Minat Belajar, Media Magic Circle, IPS |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY