Detail Cantuman Kembali
RINTO SEPTIAN - Personal Name

PENGARUH PERBANDINGAN NATRIUM BENZOAT DAN ASAM ASKORBAT TERHADAP PERUBAHAN KUALITAS NIRA AREN (Arenga pinnata)

RINTO SEPTIAN Pengaruh Perbandingan Natrium Benzoat dan Asam Askorbat Terhadap Perubahan Kualitas Nira Aren (Arenga pinnata). Fakultas Pertanian. Universitas Mulawarman. 2020 (Dibawah bimbingan Krishna P. Candra dan Bernatal Saragih).
Nira aren cepat mengalami kerusakan yang disebabkan mikroba yang memfermentasi nira, maka perlu dilakukan upaya pengawetan untuk menahan laju perubahan kualitas nira aren. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan penambahan bahan pengawet sintetis. Pengawet yang digunakan yaitu natrium benzoat dan asam askorbat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan natrium benzoat dan asam askorbat serta lama penyimpanan terhadap perubahan kualitas nira aren.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), faktor tunggal (jenis dan konsentrasi pengawet sintetis per 100 mL nira aren) yang terdiri dari 4 perlakuan, yaitu p1 (0,1 g Na-Benzoat), p2 (0,07 g Na-Benzoat dan 0,1 g Asam Askorbat), p3 (0,03 g Na-Benzoat dan 0,2 g Asam askorbat), p4 (0,3 g Asam Askorbat). Setiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Paramater yang diamati adalah pH, total asam, total padatan terlarut, kadar gula pereduksi, kadar alkohol, warna, dan produksi gas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis pengawet sintetis (Na-Benzoat dan Asam askorbat) dan komposisinya memberikan pengaruh nyata terhadap pH, tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap total asam, total padatan terlarut, kadar gula pereduksi, analisis warna dan produksi gas nira aren. Pengawet dengan komposisi 0,03 g Na-benzoat dan 0,2 g asam askorbat untuk 100 mL nira aren merupakan komposisi pengawet terbaik dalam mempertahankan kualitas aren.
Kata Kunci: nira aren, natrium benzoat, asam askorbat, lama penyimpanan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PERBANDINGAN NATRIUM BENZOAT DAN ASAM ASKORBAT TERHADAP PERUBAHAN KUALITAS NIRA AREN (Arenga pinnata)
Pengarang RINTO SEPTIAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIN p 2020
Subyek nira aren, natrium benzoat, asam askorbat
lama penyimpanan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua