Detail Cantuman Kembali
Erlika Rochmah Hidayah - Personal Name

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TUMBUHAN HUTAN BERKHASIAT OBAT UNTUK PENYAKIT PADA SISTEM SIRKULASI DARAH MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)-ADDITIVE RATIO ASSESSMENT (ARAS)

Tumbuhan hutan merupakan tanaman atau tumbuhan yang terdapat di dalam hutan. Beberapa jenis diantaranya mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Masyarakat belum begitu mengetahui manfaat yang dapat diperoleh dari tumbuhan hutan untuk kesehatan. Hal dikarenakan masyarakat lebih mengenal obat-obatan dari bahan kimia sehingga membuat masyarakat kurang mengetahui kelebihan yang dimiliki tumbuhan hutan. Sistem yang dibangun berbasis website dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk melakukan perhitungan bobot kriteria dan untuk menghitung prioritas alternatif rekomendasi Tumbuhan Hutan Berkhasiat Obat menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) yang bertujuan untuk memberikan rekomendasi tumbuhan hutan berkhasiat obat dengan disertai 63 alternatif tumbuhan, 12 jenis penyakit dan 4 kriteria diantaranya yaitu jenis tumbuhan, cara pengolahan, cara penggunaan dan bagian yang digunakan. Hasil penelitian ini melakukan 12 kali percobaan terhadap 12 jenis penyakit diabetes, ginjal, malaria, batuk, demam, hipertensi, flu, DBD, struk, kaki bengkak, bengkak hati dan hepatitis yang menghasilkan 10 percobaan yang memiliki hasil output alternatif yang direkomendasikan sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh BALITEK KSDA yaitu penyakit diabetes, malaria, batuk, flu, demam, DBD, struk, kaki bengkak, bengkak hati, hepatitis dan menghasilkan 2 percobaan yang tidak sesuai dengan rekomendasi dari BALITEK KSDA yaitu penyakit ginjal dan hipertensi. Dari hasil percobaan yang telah dilakukan tingkat kesesuaian sistem dengan BALITEK KSDA yaitu 83,33%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TUMBUHAN HUTAN BERKHASIAT OBAT UNTUK PENYAKIT PADA SISTEM SIRKULASI DARAH MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)-ADDITIVE RATIO ASSESSMENT (ARAS)
Pengarang Erlika Rochmah Hidayah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ERL s 2020
Subyek Sistem Pendukung Keputusan; Tumbuhan Hutan Berkhas
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua